Niat Puasa Senin Kamis

Monday, June 29th, 2015 - Puasa

Niat Puasa Senin Kamis – Kali ini kami akan berbagi ulasan mengenai niat puasa Senin Kamis yang akan dibagikan kepada sahabat. Kemudian setelah itu juga akan dijelaskan beberapa penjelasan megenai puasa Senin Kamis itu sendiri. Bacaan niat puasa yang hendak kami bagikan yaitu niat yang berbahasa arab dilengkapi dengan terjemahannya. Namun sebelum itu, sahabat perlu pahami bahwa Niat merupakan amalan hati atau amaliyah qolbiyah sehingga hanya Allah SWT. dan pribadi masing-masing yang tahu soal niat atau motif seseorang dalam berbuat, beramal, atau beribadah. Secara istilah, tidak terdapat pengertian khusus untuk niat. Karena itu, banyak ulama yang memberikan makna niat secara bahasa, semisal Imam Nawawi yang mengatakan bahwa niat bermaksud untuk melakukan sesuatu dan bertekad bulat untuk mengerjakannya. [dikutip dari ArtikelInd].

Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Bagi sahabat yang belum menghafalnya, tidak perlu khawatir karena disini kita akan belajar bersama menghafalkan bacaan niat puasa sunnah senin dan kamis dalam bahasa arab, dan latin serta artinya lengkap cara melafazkan dalam bahasa Indonesia.

Selain niat puasa senin kamis, disini juga akan sedikit dibahas mengenai beberapa keutamaan dan manfaat berpuasa di hari senin dan kamis. Adapun untuk bacaan do’a niat puasa sunnah senin kamis adalah sebagai berikut :

Niat Puasa Senin Kamis dalam Bahasa Arab, Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya

1. Niat Puasa Sunnah pada Hari Senin

Dalam tulisan Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan bahasa Indonesia:

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Arti niat puasa sunnah hari Senin:

“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”.

2. Niat Puasa Sunnah pada hari Kamis

Dalam tulisan Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan bahasa Indonesia:

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Arti niat puasa sunnah pada hari kamis:

“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”.

Itulah bacaan niat puasa senin kamis dalam tulisan/bahasa Arab, tulisan Indonesia dan arti niat masing-masing. Silahkan sahabat baca berulang-ulang kali untuk menghafalkannya.

Anjuran Puasa Sunnah Senin Kamis

Tahukah Anda, kenapa Baginda Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah senin kamis? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya:

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa”. (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya, Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Dan untuk berapa besar pahala puasa itu tergantung dari Allah SWT semata.

Maka dari itu sangat baik untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Apakah sahabat sudah melaksanakannya? Semoga dengan adanya sedikit ulasan tentang manfaat dan keutamaan puasa senin kamis ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat.

Dan juga yang terpenting sebelum menjalankan puasa senin dan kamis, ingatlah untuk berniat dengan baik. Dan semoga Insya Allah jika kita melaksanakan puasa sunnah senin kamis ini, kita dapat mendapatkan berkah dari Allah SWT. Demikian niat puasa senin kamis yang sempat penulis bagikan kepada sahabat, dan semoga memberikan barokah kepada kita semua, Insya Allah, Amin.

Niat Puasa Senin Kamis | Wawang Armansyah | 4.5
Leave a Reply