Bacaan Niat Sahur atau Doa Sahur untuk Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1438 H 2017 M

Thursday, June 25th, 2015 - Puasa, Ramadhan

Bacaan Niat Sahur atau Doa Sahur untuk Puasa di Bulan Suci RamadhanNiat sahur atau doa sahur untuk berpuasa di Bulan suci Ramadhan senantiasa dilakukan agar ibadah puasa yang Insya Allah akan kita laksanakan di bulan suci Ramadhan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berbicara mengenai niat sahur atau doa sahur untuk menjalakan ibadah puasa, bisa menggunakan berbagai macam bahasa yang dimengerti dan tentunya di pahami maknanya.

Sahur

Sahur

Bacaan Niat Sahur

Kali ini penulis Belajar Bagus akan berbagi kepada sahabat mengenai bacaan niat sahur atau doa sahur apabila hendak sahur sebagai sunnah sebelum menjalankan ibadah puasa di hari esok dan bacaan ini yang secara umum di baca oleh setiap orang. Niat atau doa yang akan penulis bagikan yaitu dalam bahasa arab yang mungin telah umum diketahui oleh sebagaian besar umat Isla yang telah berkewajiban menjalanka ibadah puasa di Bulan suci Ramadhan.

Beriku Bacaan Niat Sahur atau Doa sahur untuk beruasa di Bulan suci Ramadhan

Bacaan niat sebelum makan sahur atau doa sahur:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Dibaca:

Nawaitu shauma gadhin ‘an adaai fardhi syahri ramadhaani haadzihis sanati lillahi ta’aalaa.

Artinya:

“Dengan nama Allah yg maha Pengasih maha Penyayang saya berniat berpuasa sehari penuh besok dalam bulan ini bulan Ramadhan, karena Engkau ya Allah”.

Tips Sahur yang tepat dan benar – Niat Sahur

Selain niat sahur atau doa sahur di atas, berikut ini juga akan sedikit dibahas mengenai bagaimana cara agar sahur kita bisa menjadi penunjang lancaranya puasa di hari esok.

1. Niat sahur untuk berpuasa di esok hari karena Allah semata

Niat sahur merupakan awal yang baik sebelum menyantap makanan sahur sehingga tujuan dari sahur jelas, dan insya Allah akan berkah di mata Allah SWT.

2. Makan dengan porsi normal

Jangan makan sahur dengan porsi yang lebih banyak dari porsi makan Anda biasanya makan. Karena jika lebih banyak itu justru akan membuat perut Anda kekenyangan dan merasa tidak nyaman.Selain itu, makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi. Namun demikian, makan dengan porsi yang terlalu sedikit juga tidak baik, karena bisa mengurangi energi dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lemas.

3. Makan makanan berkarbohidrat kompleks

Saat sahur, perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Oleh tubuh, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan, dengan demikian perut Anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.

4. Jangan terburu-buru

Mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat kadar gula dalam darah terganggu, sehingga beberapa jam saja setelah sahur perut Anda sudah akan merasa lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, proses penyerapan nutrisi oleh tubuh kurang sempurna sehingga Anda pun akan cepat merasa lemas.

5. Minum yang cukup air putih

Saat sahur, banyak-banyaklah minum air putih. Daripada teh atau minuman manis lainnya, air putih jauh lebih baik. Meski minuman manis lebih cepat menghasilkan tambahan energi, namun energi yang dihasilkan juga lebih cepat hilang sehingga tubuh Anda akan lebih mudah menjadi lemas.

Minum-minuman manis lebih disarankan untuk dikonsumsi ketika buka puasa, karena untuk menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat. Selain itu, konsumsilah buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun. Jangan minum kopi dan teh secara berlebihan karena minuman tersebut bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Nach cukup sampai di sini untuk pembahasan mengenai niat sahur atau doa sahur untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Marhaban ya Ramadhan.

Baca juga Doa Buka Puasa, dan Bacaan Niat Puasa Arafah.

Kata Kunci:

doa sahur puasa,doa makan sahur,doa sahur,niat sahur dan artinya,niat sahur,membaca niat sebelum sahur,lafadz niat makan sahur,doa sblum mkan shur dan ssdh,do a makan sahur,doa niat makan sahur
Bacaan Niat Sahur atau Doa Sahur untuk Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1438 H 2017 M | Wawang Armansyah | 4.5