Aspek-aspek Geografi

Friday, July 10th, 2015 - Geografi

Aspek-aspek Geografi –  Pada penjelasan kali ini akan sedikit diuraikan mengenai aspek-aspek geografi setelah sebelumnya dibahas mengenai ilmu-ilmu penunjang geografi. Secara garis besar dalam menelaah dan mengkaji geografi, aspek-aspek yang dimilikinya terbagi menjadi tiga bagian umum atau dapat diklasifikasikan menjadi tiga klasifikasi, yaitu aspek-aspek geografi fisik, geografi manusia, dan aspek geografi regional.

Aspek-aspek Geografi

Aspek-aspek Geografi

Baca juga:

Aspek-aspek Geografi

Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa aspek dalam geografi, berikut ulasannya kami bagikan khusus sahabat:

Geografi Fisik – Aspek-aspek Geografi

Aspek-aspek Geografi yang pertama yaitu geografi fisik. Apek ini merupakan cabang dari ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik dari permukaan bumi yang meliputi tanah, air, dan udara dengan segala prosesnya. Selain itu, geografi fisik juga mengkaji gejala-gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia. Geografi fisik dapat dijadikan pelengkap dalam mempelajari geografi manusia, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi fisik terdiri atas geomorfologi, hidrologi, klimatologi, pedologi, dan masih banyak yang lainnya.

Geografi Manusia

Geografi manusia juga salah satu aspek-aspek geografi yang juga merupakan cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semua aspek gejala di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai objek utamanya. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi manusia dapat dibagi menjadi geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi perkotaan, dan geografi pedesaan.

Geografi Regional

Geografi regional merupakan perpaduan dari geografi fisik dan geografi manusia. Geografi regional merupakan studi tentang variasi persebaran gejala dalam ruang pada waktu tertentu baik lokal, nasional, maupun kontinental. Melalui analisis geografi regional, karakteristik yang khas dari suatu wilayah dapat ditonjolkan, sehingga perbedaan wilayah dapat terlihat jelas. Dalam studi geografi regional, semua gejala geografi ditinjau dan dideskripsikan secara berkaitan dalam hubungan integrasi dan interrelasi keruangan. Jadi aspek yang satu ini mengaitkan antara geografi manusia dengan geografi fisik yang ada.

Itulah Aspek-aspek Geografi yang ada dan sempat dijelaskan kepada sahabat Belajar Bagus, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Kata Kunci:

geografi regional merupakan perpaduan dari geografi,contoh aspek regional,apa yang di maksut dengan aspek giografi regional,contoh aspek geografi fisik,contoh dari aspek regional,geografi radional merupakan perpaduan dari,geografi regional merupakan perpaduan dari geografi ?,geografi regional merupakanbperpaduan dari geografi,geografi regional perpaduan dari geografi,jelaskan aspek aspek geografi
Aspek-aspek Geografi | Wawang Armansyah | 4.5