Batuan Beku dan Sedimen serta Batuan Metamorf

Saturday, July 25th, 2015 - Geografi

Batuan Beku dan Sedimen serta Batuan Metamorf – Kulit bumi mengandung berbagai macam batuan, yang dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan metamorf.

Batuan Beku dan Sedimen serta Batuan Metamorf

Berikut penjelasan dari ketiga macam batuan kulit bumi tersebut:

1. Batuan Beku

Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari magma pijar yang membeku dan menjadi padat karena proses pendinginan. Berdasarkan tempat terjadinya pendinginan, batuan beku dapat dikelompokkan menjadi tiga, sebagai berikut.

Contoh Batuan Beku

Contoh Batuan Beku

a. Batuan tubir/batu beku dalam

Batuan tubir hanya terdiri dari kristal, terbentuk jauh di dalam kulit bumi. Bongkahan kristal yang besar-besar terjadi karena proses pendinginan yang berjalan lambat. Contoh batuan ini adalah granit.

b. Batuan leleran/batu beku luar

Pembekuan batuan ini terjadi di luar kulit bumi sehingga penurunan temperatur terjadi sangat cepat. Pada pembentukannya kadang-kadang magma sama sekali tidak menghasilkan kristal, tetapi ada juga yang membentuk kristal-kristal kecil, sehingga batuan leleran dapat berupa Kristal kecil, kristal besar, dan bahan amorf seperti liparit. Namun, ada juga yang berupa bahan amorf saja seperti batu apung.

c. Batuan korok/batu beku gang

Batuan korok merupakan batuan yang terbentuk di dalam korok-korok atau gang-gang. Proses pendinginan berlangsung lebih cepat karena berada di dekat permukaan, sehingga batuan ini dapat berupa kristal kecil dan kristal besar, tetapi juga ada yang tidak mengkristal, seperti bahan amorf. Contohnya: granit fosfir.

2. Batuan Sedimen (Batuan Endapan)

Pelapukan yang dialami oleh batuan beku menyebabkan struktur batuan yang mudah lepas. Bagian yang lepas akan mudah terbawa air, angin, atau es. Bagian yang terangkut ini akan terendap di suatu tempat. Bagian batuan yang mengendap ini lama-kelamaan akan menumpuk dan mengeras membentuk batuan sedimen. Pengerasan batuan ini disebut dengan pembaruan.

Contoh Batuan Sedimen

Contoh Batuan Sedimen

Jika ditinjau dari tempat terjadinya pengendapan, batuan sedimen dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, sebagai berikut.

  • Batuan sedimen kontinental, merupakan batuan sedimen yang pengendapannya terjadi di laut, misalnya, tanah los dan tanah gurun pasir.
  • Batuan sedimen marine, merupakan batuan sedimen yang pengendapannya terjadi di laut, misalnya, endapan radiolaria di laut dalam, lumpur biru di pantai, dan lumpur merah.
  • Batuan sedimen lakustre, merupakan batuan sedimen yang peng- endapannya terjadi di danau, misalnya,  tuf danau dan tanah liat danau.

Ditinjau dari perantara atau mediumnya, batuan sedimen dapat dibagi menjadi tiga golongan.

1. Batuan sedimen aquatis (aqua = air)

  • batu pasir.
  • konglomerat, merupakan batuan sedimen yang berbentuk batu-batu bulat yang berdekatan satu sama lain.
  • breksi, merupakan batuan sedimen yang bersudut-sudut tajam yang berekatan satu sama lain.

2. Batuan sedimen glasial, merupakan batuan sedimen yang terbentuk karena lapukan batuan beku yang diangkut oleh es, contohnya: moraine.

3. Batuan sedimen aeris atau aeclis, merupakan batuan sedimen yang terbentuk karena lapukan batuan beku yang diangkut oleh angin. Contohnya: tanah pasir di gurun, tanah tuf, dan tanah los.

3. Batuan Metamorf

Batuan metomorf dapat berasal dari batuan beku atau batuan sedimen yang telah mengalami perubahan. Perubahan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, antara lain, sebagai berikut.

Contoh Batuan Metamorf

Contoh Batuan Metamorf

a. Tekanan tinggi

Adanya endapan yang tebal yang terdapat di bagian atasnya mengakibatkan tekanan yang tinggi pada batuan. Misalnya: batu pasir dari pasir.

b. Suhu tinggi

Suhu tinggi berasal dari magma. Batuan ini berdekatan dengan dapur magma sehingga metamorfosis ini disebut metamorfosis kontak. Misalnya: antrasit dari batu bara dan manner dari batu kapur.

c. Tekanan dan suhu tinggi

Pada waktu proses pembentukan pegunungan terjadi tekanan dan suhu tinggi karena peristiwa pelipatan dan pergeseran. Proses dan perubahan ini disebut metamorfosis dinamo. Contohnya: batu chist dan shale.

Baca juga:

Sekian penjelasan mengenai Batuan Beku dan Sedimen serta Batuan Metamorf, semoga memberikan manfaat bagi penulis dan sahabat yang ingin menambah pengetahuan.

Kata Kunci:

batuan metamorf,contoh batuan beku metamorf dan sedimen,perubahan batuan beku menjadi sedimen disebabkan oleh,perubahan batuan beku menjadi batuan sedimen disebabkan oleh proses,perubahan batuan sedimen menjadi batuan metamorf,perubahan batuan beju menjadi sedimen disebabkan oleh,perubahan batuan,perubahab batuan beku menjadi batuan sedimen di sebabkan oleh proses,perbedaan batuan sedimen dengan batuan beku,perbedaan batuan beku sedimen dan metamorf
Batuan Beku dan Sedimen serta Batuan Metamorf | Wawang Armansyah | 4.5