Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Saturday, July 11th, 2015 - Geografi

Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari – Beberapa gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari yang sering terjadi di daerah-daerah tertentu antara lain cuaca, iklim, gempa bumi, vulkanisme, dan angin. Sebelumnya telah dijelaskan Aspek-aspek Geografi, nach berikut ini akan dijelaskan beberapa gejalah di atas:

Vulkanisme Contoh Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Vulkanisme Contoh Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Lihat juga:

1. Cuaca – Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cuaca adalah keadaan rata-rata pada suatu tempat, meliputi daerah yang sempit, dan waktunya relatif singkat. Cuaca sangat memengaruhi kehidupan manusia di muka bumi. Keadaan cuaca dapat diperkirakan dengan cara pengamatan. Pengamatan dilakukan terhadap unsur-unsur cuaca misalnya suhu udara, tekanan udara, kelembapan, angin, keadaan awan, dan curah hujan.

2. Iklim

Gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari berikutnya yakni iklim. Iklim merupakan rata-rata keadaan cuaca pada suatu wilayah yang luas dan dalam waktu yang lebih lama. Iklim sangat berpengaruh pada pergantian musim yang ada di Indonesia. Keberadaan musim penghujan dan musim kemarau di Indonesia sangat berpengaruh pada kehidupan petani khususnya untuk kelangsungan hidup tanaman-tanaman semusim, di mana pada musim kemarau petani akan menanam palawija dan pada musim penghujan petani akan menanam padi. Keadaan iklim di permukaan bumi sangat bervariasi tergantung pada letak lintang dan bentuk daerah. Unsur-unsur iklim antara lain, pola suhu atau temperatur udara, pola tekanan udara, dan pola kelembapan udara.

3. Gempa Bumi – Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gempa bumi adalah gejala alam yang memengaruhi kehidupan manusia. Gempa bumi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu gempa bumi runtuhan (terban), gempa bumi tektonik, dan gempa bumi vulkanik. Contoh, gempa bumi tektonik adalah gempa yang terjadi di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah yang banyak menimbulkan korban jiwa dan rusaknya bangunan yang ada di wilayah tersebut. Manusia sampai saat ini hanya bisa meramalkan akan adanya gempa bumi, tetapi belum bisa memastikan kapan terjadinya gempa bumi, sehingga hal yang terpenting adalah kewaspadaan penyelamatan diri ketika terjadi bencana tersebut.

4. Vulkanisme

Vulkanisme adalah peristiwa naiknya magma dari dalam perut bumi menuju permukaan bumi. Magma merupakan campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat, dan sangat panas. Aktivitas magma sangat dipengaruhi oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung di dalamnya. Magma dapat berbentuk gas, padat, dan cair. Aktivitas gunung api tidak hanya menimbulkan kerugian tetapi juga dapat memberikan keuntungan di antaranya daerah di sekitar gunung api sangat subur sehingga hasil pertaniannya sangat besar. Vulkanisme juga merupakan salah satu gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Angin

Perbedaan tekanan udara di beberapa tempat menimbulkan aliran udara dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah yang disebut dengan angin. Untuk mengetahui arah angin dapat digunakan bendera angin dan untuk mengetahui kecepatan angin di gunakan alat yang di sebut dengan anemometer. Angin terjadi sepanjang tahun atau setiap musim dengan intensitas yang berbeda-beda. Angin sangat diperlukan manusia, khususnya bagi para nelayan yang menggantungkan pada arah dan kecepatan angin dalam aktivitasnya mencari ikan di laut.

Baca juga: Gangguan pada Sistem Ekskresi.

Demikian yang bisa BelajarBagus.net jelaskan kepada sahabat mengenai Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Kata Kunci:

gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia dimuka bumi ini adalah,contoh gejala geosfer dalam kehidupan sehari hari,contoh gejala geografi,gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia,gejala geografi,contoh fenomena geosfer dalam kehidupan sehari hari,gejala geografi dalam kehidupan sehari hari,jgala giografi dlam kehidupan seharihari,gelaja gejala geografi dan contohnya,mengamati gejala geografi
Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari | Wawang Armansyah | 4.5