Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya

Monday, July 13th, 2015 - Fisika

Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai ContohnyaKali ini akan dijelaskan materi fisika mengenai Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya. Tapi sebelum itu sebagai dasar perlu dipahami apa yang dimaksud dengan besaran dengan satuan. Besaran dalam fisika diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur, serta memiliki nilai besaran (besar) dan satuan. Sedangkan satuan adalah sesuatu yang dapat digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran.

Satuan Internasional (SI) merupakan satuan hasil konferensi para ilmuwan di Paris, yang membahas tentang berat dan ukuran. Berdasarkan satuannya besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu, berdasarkan ada tidaknya arah, besaran juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu besaran skalar dan besaran vektor.

Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya

Berikut perbedaan besaran pokok dengan besaran turunan disertai contohnya:

1. Besaran Pokok

Contoh Besaran Pokok

Contoh Besaran Pokok

Besaran pokok  adalah besaran yang digunakan sebagai dasar untuk menetapkan besaran yang lain. Satuan besaran pokok disebut satuan pokok dan telah ditetapkan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan. Besaran pokok bersifat bebas, artinya tidak bergantung pada besaran pokok yang lain. Pada Tabel berikut, disajikan besaran pokok yang telah disepakati oleh para ilmuwan.

2. Besaran Turunan – Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Luas merupakan hasil kali dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Oleh karena itu, luas merupakan turunan dari besaran panjang.

Luas = panjang × lebar

Luas = besaran panjang × besaran panjang

Satuan luas = meter  x meter

Satuan luas = meter persegi (m2)

Besaran turunan yang lain misalnya volume. Volume merupakan kombinasi tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Volume juga merupakan turunan dari besaran panjang. Adapun massa jenis merupakan kombinasi besaran massa dan besaran volume. Selain itu, massa jenis merupakan turunan dari besaran pokok massa dan panjang. Berikut merupakan beberapa contoh besaran turunan beserta satuannya.

Sebagian Contoh Besaran Turunan

Sebagian Contoh Besaran Turunan

Sebenarnya masih banyak lagi contoh dari besaran turunan yang lain. Namun atas segala keterbatasan hanya di tabel di atas yang sempat di share ke sahabat.

Baca juga penjelasan mengenai:

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya sebagai salah satu penjelasan dalam materi Fisika, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Kata Kunci:

perbedaan besaran pokok dan besaran turunan,besaran pokok,perbedaan besaran pokok dan turunan,perbedaan besaran pokok dengan besaran turunan,perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan,jelaskan antara besaran pokok dan besaran turunan,besaran pokok dan turunan,perbedaan besaran pokok dan turunan beserta contoh,Tuliskan perbedaan besaran pokok penggunaan,bedakan antara besaran pokok dan besaran turunan
Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya | Wawang Armansyah | 4.5