Proses Terbentuknya Bumi

Sunday, July 12th, 2015 - Geografi

Proses Terbentuknya Bumi – Berikut akan dijelaskan secara singkat pendapat mengenai proses terbentuknya bumi. Pendapat atau perkiraan akan terbentuknya bumi berawal dari hasil pantauan teleskop dari Bumi planet-planet terletak hampir pada satu bidang datar di sekeliling Matahari. Hal ini melahirkan perkiraan atau hipotesis atau teori yang hampir sama tentang terjadinya Tata Surya, yaitu bahwa planet-planet lahir dari matahari atau kelahiran planet dari ujud yang sama dengan matahari. Bidang datar tempat planet-planet yang hampir sebidang dengan ekuator matahari memberikan penjelasan tentang massa asal planet itu telah berputar sejak benda langit itu terbentuk.

Proses Terbentuknya Bumi

Proses Terbentuknya Bumi

Proses Terbentuknya Bumi

Sebagian gas dari matahari yang terlepas dan terus-menerus berputar adalah awal proses terbentuknya bumi yang kita tempati. Jadi, Bumi merupakan sebagian gumpalan gas yang berasal dari matahari. Walaupun terlepas dari gumpalan induk, gumpalan besar tersebut tetap berputar terus-menerus mengelilingi gumpalan induk yang lebih besar yaitu matahari. Beberapa gumpalan besar lain yang terlepas dan terpisah dari gumpalan gas matahari tetap berputar sehingga mengalami proses pendinginan dan menjadi padat.

Lihat juga: Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari pandangan mengenai awal proses terbentuknya bumi dijelaskan bahwa beberapa gumpalan yang mendingin dan memadat itu sekarang membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet terakhir dan terjauh ditemukan melalui rekaman teleskop ruang angkasa Spitzer yang diluncurkan 23 Agustus 2003, planet tersebut dinamai Sedna. Sebagian gumpalan tidak hanya terlepas dari planet-panet, tetapi juga bergerak berputar dan mengelilingi gumpalan induknya (planet).

Planet Tata Surya

Planet Tata Surya

Bulan dan satelit adalah gumpalan yang terlepas dari planet. Walaupun saat ini Sedna merupakan planet terjauh dari pusat Tata Surya, tidak tertutup kemungkinan akan ditemukan kembali planet yang lebih jauh dari Sedna. Hal tersebut hanya akan terjadi jika kemampuan teknologi dan ilmu pengetahuan tentang astronomi selalu dikembangkan keberadaannya.

Bumi yang terjadi dari pendinginan dan pemadatan gas terus-menerus berputar. Perputaran ini menyebabkan Bumi bertambah dingin sehingga gas di atas bumi berubah menjadi cairan dan padatan. Permukaan bumi yang terdiri atas cairan dan padatan merupakan permukaan bumi yang dapat digunakan sebagai tempat dan habitat  hidup manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lain.

Menurut hipotesis atau pandangan proses terbentuknya bumi bahwa seluruh kejadian di atas memerlukan waktu yang sangat lama. Proses terjadinya Bumi hingga menjadi tempat hidup manusia dan makhluk hidup lainnya telah terjadi berjuta-juta tahun lamanya. Bagian inti Bumi merupakan gumpalan materi yang paling berat massanya, sedangkan kerak Bumi didominasi oleh unsur magnesium dan silikon. Inti bumi lebih didominasi oleh unsur besi dan nikel.

Untuk mengukur ketebalan lapisan-lapisan penyusun kerak bumi digunakan gelombang gempa, dan gelombang yang dipantulkan oleh suatu lapisan tertentu sangat tergantung pada kecepatan gelombang pada lapisan itu. Dengan menggunakan metode ini perkiraan ketebalan lapisan-lapisan penyusun kerak bumi akan dapat diketahui.

Demikian penjelasan mengenai Proses Terbentuknya Bumi yang bisa dibagikan kepada sahabat. Satu hal yang saya sampaikan kepada sahabat bahwa kesemuanya hanyalah pendapat, kejadian yang sebenarnya hanya Allah SWT. yang tahu pastinya dari bagaimana bumi terbentuk karena dialah pencipta alam semesta.

Tambah wawasan sahabat dengan penjelasan dari Ilmu Biologi berikut:

Kata Kunci:

proses terjadinya bumi,penjelasan singkat proses pembentukan bumi,proses terbentuknya bumi,proses pembentukan bumi,Bagaimana proses terjadinya bumi,proses pembentukkan bumi,proses terjadinya bumi yang paling singkat,Proses trbntkx bumi,secara singkat proses pembentukan bumi,proses terbentuknya bumi secara umum
Proses Terbentuknya Bumi | Wawang Armansyah | 4.5