Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput

Wednesday, August 26th, 2015 - Geografi

Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput – Ada beberapa bioma yang ada di darat yaitu bioma hutan basah, bioma gurun pasir, bioma padang rumputbioma hutan gugur, bioma taiga, bioma tundra. Untuk penjelasan berikut akan dijelaskan dua macam bioma yaitu bioma gurun pasir dan bioma padang rumput.

Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput

Berikut penjelasan dari dua bioma tersebut:

a. Bioma Gurun Pasir

  1. Vegetasi yang hidup, yaitu tumbuhan musiman, segera akan tumbuh jika hujan turun, umumnya relatif pendek, tetapi bijinya tahan lama; tumbuhan menahun, dengan ciri- ciri: berdaun kecil atau tidak berdaun, berakar panjang,  batangnya mempunyai jaringan sehingga dapat menyimpan air, umumnya terdiri dari bermacam-macam kaktus.
  2. Jenis hewan umumnya bertubuh kecil, hidup di lubang-lubang, dan mencari mangsa pada malam/pagi hari. Contohnya kalajengking, ular, kadal, serangga, dan laba-laba.
Bioma Gurun Pasir

Bioma Gurun Pasir

Gurun yang panas merupakan daerah-daerah dalam wilayah iklim tropis dan subtropis yang mempunyai curah hujan yang rendah. Curah hujan ratarata kurang 20 cm setiap tahun dan intensitas matahari yang tinggi. Gurun memiliki suhu permukaan 60°C selama siang hari. Gurun merupakan suatu daerah yang memiliki sifat tanah berupa batuan atau lempung, biasanya mudah pecah-pecah. Sering kali tanah menjadi berkerikil, berpasir, bergeluh atau berbatu, tetapi selalu bersifat kering.

Bioma hutan gurun hanya dapat dihuni oleh tumbuhan dan hewan yang mempunyai adaptasi yang tepat terhadap lingkungan. Tumbuhan gurun beradaptasi dengan berbagai cara seperti memiliki daun yang kecil (berduri) dan mempunyai akar yang panjang. Dengan struktur seperti itu, tumbuhan dapat mengurangi penguapan dan mendapatkan air dari tempat yang dalam. Bioma gurun banyak ditemukan di Sahara Afrika, Gurun Gobi di Mongolia, dan di Australia.

b. Bioma Padang Rumput

  1. Vegetasi yang hidup: di daerah basah (rumputnya dapat mencapai ketinggian 3 cm, misalnya Blustem dan Indian grasses), di daerah kering, (rumputnya pendek, misalnya Grama dan Buffalo grasses).
  2. Jenis hewan, yaitu yang merupakan konsumen primer herbivora dan bertubuh besar, misalnya bison di Amerika, zebra di Afrika, serta kanguru di Australia; sebagai predator herbivora, seperti singa dan anjing liar; dan hewan jenis lain: ular, belalang, rodentina, dan bermacam-macam burung.
Bioma Padang Rumput

Bioma Padang Rumput

Padang rumput yang terdapat di daerah tropis dan subtropis biasanya berbentuk sabana yang terdiri dari pepohonan yang tersebar berjauhan. Padang rumput tropis berbeda dari padang rumput daerah iklim sedang yang sering tidak berpohon, kecuali di sepanjang batang air. Yang penting bagi padang rumput adalah musim kemarau, kebakaran sering terjadi, dan pemakanan rumput oleh mamalia besar menyebabkan pencegahan pembentukan semak berkayu dan pohon-pohon. Kelangkaan pepohonan dan berlimpahnya rerumputan, ditambah dengan hujan dan kekeringan yang bersifat musiman menentukan jenis hewan di padang rumput. Hewan pepohonan jarang ditemukan.

Walaupun ada, berjumlah sedikit dan terbatas pada belukar dan lahan hutan yang terpencil. Berlimpahnya dan keragaman rerumputan menyebabkan padang rumput merupakan tempat ideal untuk herbivora. Hewan Herbivora yang besar tidak mampu hidup terus-menerus sepanjang tahun dan harus berpindah-pindah selama musim panas untuk mendapatkan air atau mencari daerah yang baru. Herbivora yang lebih kecil harus beradaptasi dengan cara yang lain, seperti tidur selama masa musim dingin.

Demikian penjelasan mengenai Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat. Semoga bisa menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan sahabat dan begitupun bagi penulis sendiri.

Lihat juga:

Kata Kunci:

perbedaan padang pasir dan padang rumput,perbedaan antara gurun dan padang rumput,3 ciri bioma gurun dan bioma padang rumput,padang rumput yang ada pepohonan di padang pasir,padang rumput yg terletak di gurun pasir,pengertian padang rumput tpi rumpunya jarang,perbedaan bioma gurun dan bioma padang rumput antara lain,perbedaan bioma gurun dan padang rumput,perbedaan daun di daerah gurun deng daun di daerah tropis,perbedaan fauna daerah padang rumput dengan daerah gurun
Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput | Wawang Armansyah | 4.5