Bioma Hutan Basah dan Bioma Hutan Gugur

Wednesday, August 26th, 2015 - Geografi

Bioma Hutan Basah dan Bioma Hutan Gugur – Dua macam bioma hutan yang merupakan pembagian dari bioma di darat yaitu bioma hutan basah dan bioma hutan gugur. Kedua bioma ini memiliki perbedaan, mulai dari ciri-ciri yang dimilikinya sampai dengan makhluk hidup yang mendiami bioma tersebut.

Bioma Hutan Basah dan Bioma Hutan Gugur

Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai bioma hutan basah dan bioma hutan gugur:

1. Bioma Hutan Basah

Bioma Hutan Basah

Bioma Hutan Basah

Bioma hutan basah merupakan jenis hutan yang paling subur. Bioma hutan basah terdapat di daerah tropis yang basah dengan curah hujan yang tinggi dan tersebar sepanjang tahun, serta mendapatkan sinar matahari yang cukup seperti di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Australia Timur Laut. Pohon pada bioma ini dapat cepat dikenali dengan adanya kanopi pada bagian atas pohon. Kanopi seringkali rapat sehingga menyulitkan cahaya matahari untuk mencapai tanah yang ada di bawahnya, ketika kanopi terbuka maka akan banyak pohon atau tanaman merambat yang berkayu  bersaing untuk mendapatkan sinar matahari.

Dalam hutan ini pohonnya tinggi-tinggi, dan umumnya berdaun lebar dan selalu hijau, memiliki berbagai jenis tanaman. Sering terdapat paku-paku pohon, tanaman merambat berkayu lianan yang sering dapat mencapai puncak pohon-pohon yang tinggi, dan epifit seperti pakupakuan, anggrek, dan lain-lain. Hutan ini kaya akan jenis-jenis hewan invertebrata dan vertebrata.

Ciri-ciri Bioma hutan basah:

  • Vegetasi yang hidup, yaitu tumbuhan berkayu, tingginya 20 – 40 m dengan cabang dan daun yang lebat, dan membentuk suatu tudung yang menyebabkan hutan menjadi gelap; tumbuhan perdu, rotan, tumbuhan epifit, dan higrofit.
  • Jenis hewannya yaitu, yang hidup di atas tumbuhan, seperti kera, tupai, dan aneka burung; yang hidup di bawah, seperti babi, kucing hutan, dan lain-lain; hewan karnivora, seperti macan tutul di Asia/ Afrika dan jaguar di Amerika.

2. Bioma Hutan Gugur

Bioma Hutan Gugur

Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim kontinen sedang dengan musim dingin yang keras, seperti di ujung selatan Benua Amerika, Amerika Serikat bagian Timur, kepulauan Inggris, dan Australia. Jumlah tumbuhan di bioma hutan gugur jumlahnya sedikit dan tidak terlalu rapat.

Pohon-pohon yang dominan adalah pohon-pohon yang berdaun lebar yang menggugurkan daunnya pada musim dingin, ketika suhu yang ada terlalu rendah untuk melakukan fotosintesis dan kehilangan air melalui transpirasi tidak dengan mudah digantikan dari tanah yang beku. Curah hujan di daerah ini berkisar antara 750 mm – 1.000 mm. daerah ini mempunyai 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Hewan-hewan banyak tetapi aktivitasnya bermusim.

Ciri-ciri Bioma hutan gugur:

  • Vegetasi yang hidup yaitu tumbuhan tropis yang dapat beradaptasi dengan musim dan tumbuhan yang tumbuhnya tidak terlalu rapat.
  • Jenis hewan, seperti serigala, rusa, beruang, rubah, bajing, dan burung pelatuk.

Demikian penjelasan singkat mengenai Bioma Hutan Basah dan Bioma Hutan Gugur yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga dapat memberikan manfaat dan dipergunakan sebaik-baiknya.

Lihat juga penjelasan berikut ini:

Kata Kunci:

bioma hutan basah,hutan basah,hutan gugur terdapat didaerah tropika yang beriklim kontinen sedang akan tetapi agak basah hutan ini tersebar di negara,ciri ciri bioma hutan basah,bioma hutan basah dan hutan gugur,bioma hutan basah dan bioma hutan gugur,perbedaan hutan gugur dan hutan basah,jelaskan perbedaan bioma gurun dan bioma hutan basah,perbedaan hutan basah dan hutan gugur,pengertian hutan basah
Bioma Hutan Basah dan Bioma Hutan Gugur | Wawang Armansyah | 4.5