Bioma Taiga dan Bioma Tundra

Wednesday, August 26th, 2015 - Geografi

Bioma Taiga dan Bioma Tundra – Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai bioma hutan basah dengan bioma hutan gugur, nach kali ini Belajarbagus.net akan berbagi penjelasan mengenai Bioma Taiga dan Bioma Tundra. Bioma taiga dan bioma tundra merupakan dua diantara bioma darat yang dihuni oleh organisme tertentu. Berikut ulasan singkat mengenai kedua bioma tersebut:

1. Bioma Taiga

Bioma taiga terdiri dari jenis-jenis konifer. Bentuk daun dari tumbuhan ini seperti jarum dan berlapis zat lilin untuk tahan terhadap kekeringan.Sebagian besar hutan taiga didominasi oleh satu atau beberapa jenis pohon. Taiga adalah bioma teristerial terbesar di atas bumi yang meluas dalam suatu wilayah yang lebar melintasi Amerika Utara bagian Utara dan Eurasia hingga perbatasan selatan tundra Arktik. Taiga mengalami hujan salju yang lebat selama musim dingin. Di daerah ini musim dingin cukup panjang, sedangkan musim kemarau yang panas sangat singkat.

Bioma Taiga

Bioma Taiga

Kehidupan di bioma taiga:

  • Vegetasi yang hidup umumnya berupa tumbuhan konifer, misalnya: picea, alnus, betula, dan juniperus.
  • Jenis hewan, misalnya moose, beruang hitam, ajag, dan marten.

2. Bioma Tundra

Bioma Tundra

Bioma Tundra

Istilah tundra bermakna dataran tanpa pepohonan. Suhu yang sangat dingin dan angin yang sangat kencang menjadi faktor penentu tidak adanya pohon dan tumbuhan tinggi lainnya di tundra Arktik dan di Alaska Tengah. Walaupun mendapatkan curah hujan yang sedikit, tetapi wilayah tundra tetap membeku dan tandus.

Hal ini disebabkan oleh air hujan tidak dapat menembus tanah bagian bawahnya dan akan menumpuk di dalam kolam di atas bunga tanah yang dangkal selama musim panas yang pendek. Tundra menutupi luas yang sangat besar di Arktik, yaitu mencapai 20% permukaan tanah bumi. Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang dingin menciptakan komunitas tumbuhan yang sama, yang disebut tundra alpina. Bioma tundra terdapat hampir di seluruh Arktik dan pulau-pulau kecil dekat Antartika.

Kehidupan di Bioma Tundra

  • Vegetasi yang hidup umumnya berupa lumut dari jenis Sphagnum dan Lichenes (lumut kerak).
  • Jenis hewan umumnya berbulu dan berambut tebal, seperti beruang, reider, walrus, seal, dan pinguin.

Demikian ulasan singkat mengenai Bioma Taiga dan Bioma Tundra, semoga bermanfaat, dan salam ilmu pengetahuan Geografi.

Baca juga: Bioma Gurun Pasir dan Bioma Padang Rumput, dan Konsep Cagar Biosfer.

Kata Kunci:

perbedaan tundra dan taiga,perbedaan bioma taiga dan tundra,bioma tundra dan taiga,jelaskan perbedaan bioma taiga dan tundra,perbedaan antara bioma taiga dengan tundra,perbedaan bioma tundra dan taiga,perbedaan bioma taiga dengan bioma tundra,perbedaan bioma taiga dan bioma tundra,perbedaan antara taiga dengan tundra,jelaskan perbedaan bioma taigar dengan bioma tundra
Bioma Taiga dan Bioma Tundra | Wawang Armansyah | 4.5