Materi Fisika Hukum Hooke Lengkap dengan Contoh Soal

Monday, August 10th, 2015 - Fisika

Materi Fisika Hukum Hooke Lengkap dengan Contoh Soal – Pada penjelasan berikut ini akan dijelaskan mengenai Elastisitas tepatnya materi fisika Hukum Hooke lengkap dengan contoh soal. Berbicara mengenai elastisitas pasti sangat erat kaitannya dengan pegas. Pernahkah sahabat melihat sebuah pegas? Gambar pegas ditunjukkan pada gambar berikut ini. Jika pada ujung pegas kita sambungkan dengan sebuah benda bermassa m, letak massa m tadi atau ujung pegas kita beri tanda sebagai x = 0, lalu benda kita tarik sehingga bergeser posisinya sejauh x. Apa yang terasa di tangan?

Hukum Hooke

(a) Pegas normal, (b) Pegas teregang, (c) Pegas tertekan. - Hukum Hooke

(a) Pegas normal, (b) Pegas teregang, (c) Pegas tertekan. – Hukum Hooke

Tangan akan merasakan adanya tarikan dari pegas. Bagaimana kalau pegas kita tekan, kita akan merasakan dorongan dari pegas pada tangan kita. Gaya semacam itu dinamakan gaya pemulih karena gaya itu cenderung memulihkan atau mengembalikan pegas ke keadaan awalnya. Besarnya gaya yang dilakukan oleh pegas adalah dinyatakan oleh hukum Hooke yaitu:

hukum-hooke-1

Tanda negatif menunjukkan gaya pegas selalu menuju ke titik kesetimbangannya, dan k dinamakan konstanta gaya pegas, memiliki satuan satuan gaya dibagi satuan panjang, N/m. Jika pegas direnggangkan x positif maka gaya yang dikerahkan pegas negatif, bila ditekan x negatif, maka gaya yang dikerahkan pegas positif. Bila kita ambil Xo = 0 maka persamaan di atas menjadi:

hukum-hooke-2

hukum-hooke-3

(a) Gambar pegas dan gayanya pegas akan meregang atau menyusut. (b) Pegas akan mengerahkan gaya agar kembali ke tempat semula.

Konstanta pegas menunjukkan perbandingan antara gaya dengan x. Selama gaya tidak melampaui titik patah maka besarnya gaya sebanding dengan perubahan panjang pegas. Semakin besar kita meregangkan pegas semakin besar pula gaya yang dikerahkan pegas. Semakin besar kita menekan pegas, semakin besar gaya yang dilakukan oleh pegas.

hukum-hooke-4

Grafik di atas menunjukkan grafik F dengan x. Besar konstanta pegas adalah kemiringan F dengan x. Besar F sebanding dengan besar x, atau sebanding dengan pergeserannya.

Contoh Soal Hukum Hooke:

1). Sebuah pegas yang memiliki konstanta pegas 40 N/m ditekan sehingga pegas yang panjang 5 cm menjadi 2 cm. Berapa besar gaya pegas?
Jawab:

hukum-hooke-5

Jadi Besar gaya yang dilakukan oleh pegas adalah 1,2 N. Gaya yang harus dikerahkan dari luar agar pegas tertekan sebesar 2 cm  adalah  sebesar 1,2 N arahnya berlawanan dengan gaya pegas.

2). Berapa gaya yang dikerahkan agar sebuah pegas dengan konstanta pegas 40 N/m yang panjang mula-mula 5 cm menjadi 7 cm?
Jawab:

hukum-hooke-6
Jadi Gaya yang harus dikerahkan agar pegas meregang besarnya sama dengan gaya pegas tetapi berlawanan arah. Besar gaya yang harus dikerahkan -0,8 N.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Materi Fisika Hukum Hooke Lengkap dengan Contoh Soal yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.

Lihat juga materi Fisika lainnya:

Kata Kunci:

contoh soal hukum hooke,materi hukum hooke,soal hukum hooke,fisika hukum hooke,teori hukum hooke,hukum hooke,rumus hukum hooke menentukan pegas,hukum hook,penjelasan hukum hooke pada pegas,soal fisika hukum hooke
Materi Fisika Hukum Hooke Lengkap dengan Contoh Soal | Wawang Armansyah | 4.5