Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga

Wednesday, August 19th, 2015 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga – Sebelum mengetahui Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga, berikut bunyi dari alinea ketiga pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga

Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga

Bunyi Alinea Ketiga

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

Pengertian yang terkandung dalam alinea ini mengingatkan kembali kepada Proklamasi 17 Agustus 1945 sehari sebelum Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ini ditetapkan, yang bunyinya sebagai berikut:

Bunyi Proklamasi Kemerdekaan Kaitannya dengan Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga

“Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”.

Inti yang terkandung dalam Pembukaan alinea ketiga dan Proklamasi Kemerdekaan, keduanya mengandung isi yang sama walaupun rangkaian konteks kalimatnya berbeda. Hal ini perlu kita sadari oleh karena kalimat dalam alinea ketiga ini erat hubungannya dengan alinea pertama dan kedua, di mana setelah melalui perjuangan untuk mencapai kemerdekaan sampailah pada titik kulminasinya, yaitu kemerdekaan Bangsa Indonesia dan selanjutnya direalisasikan dalam wujud Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diperoleh bukan hanya hasil dari para pejuang kemerdekaan tetapi ada kekuatan Tuhan Yang Maha Kuasa. Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan pertolongan kepada bangsa Indonesia berupa rahmat. Rakyat dan Bangsa Indonesia sangat meyakini bahwa ada kekuatan Tuhan yang membantu dalam proses terwujudnya kemerdekaan Bangsa Indonesia.

[Baca juga Cita-cita dan Tujuan Nasional Berdasarkan Pancasila]

Pembukaan pada hakikatnya merupakan pernyataan kemerdekaan yang terinci. Sebelum pernyataan Indonesia Merdeka diawali terlebih dahulu dengan alasan-alasan yang mendorong dan memperkuat timbulnya pernyataan itu, dengan memuat dasar-dasar pikiran tentang adanya cita-cita luhur yang menjadi semangat pendorong ditegakkannya Kemerdekaan Indonesia.

Adanya kalimat “Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa” menunjukkan adanya suatu dasar keyakinan hidup religius yang mendalam bagi Bangsa Indonesia. Tercapainya kemerdekaan Bangsa Indonesia bukanlah semata-mata merupakan hasil usaha manusia belaka, tetapi lebih daripada itu adalah merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Di samping nilai keyakinan hidup religius juga nilai luhur yang tersimpul dalam kalimat “didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas”. Hal ini mewujudkan asas moral yang menjunjung hak kodrat dan hak moral untuk segala bangsa supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, bebas dari penindasan dan penjajahan.

Itulah Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga yang dapat Belajarbagus.net bagikan kepada sahabat. Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga bukan sekedar untuk diketahui semata, namun aplikasi dala menjankan kehidupan sebagai bangasa Indonesia harus senantiasa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi agar kedepannya Bangsa Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang dan itu semua dimulai dari diri pribadi masing-masing.

Lihat juga Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kata Kunci:

inti dari alinea ke 3 pembukaan uud,inti dari pembukaan uud 1945 adalah,isi alinea ketiga,alinea ketiga pembukaan uud 1945 intinya adalah,inti pembukaan uud 1945 adalah,makna yang terkandung dalam alinea ketiga pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan didapat atas,maksud atas berkat rahmat allah pada alinea 3 uud 1945,mengapa bangsa indonesia berkeyakinan bahwa kemerdekaan bangsa indonesia merupakan rahmat tuhan yang maha esa?,mengapa dalam alinea 3 menyebutkam atad berkat rahmat allah,mengapa dalam pembukaan uud 1945 terdapat kalimat yang menyatakan bahwa kemerdekaan merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa ! jelaskan
Inti yang Terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea Ketiga | Wawang Armansyah | 4.5