Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Wednesday, August 5th, 2015 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945BelajarBagus.net akan sedikit membagikan penjelasan mengenai Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sebelum mengetahui penjelasan dari makna yang terkandung dalam alinea keempat tersebut, terlebih dahulu mereview isi dari alinea keempat berikut ini.

Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan Rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Makna Alinea keempat ini sebagai kelanjutan berdirinya Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, dirinci lebih lanjut tentang prinsip-prinsip serta pokok-pokok kaidah pembentukan pemerintah Negara Indonesia. Hal ini dapat disimpulkan dari kalimat “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia…”.

Pemerintah dalam susunan kalimat “Pemerintah Negara Indonesia” dimaksudkan dalam arti sebagai penyelenggara keseluruhan aspek kegiatan negara dan segala kelengkapanya (government). Hal ini berbeda dengan Pemerintahan Negara yang hanya menyangkut salah satu aspek saja daripada kegiatan penyelenggaraan negara, yaitu aspek pelaksana (executive).

Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Inti isi pokok yang terkandung dalam Pembukaan alinea keempat adalah mencakup empat hal dalam keseluruhan aspek kegiatan penyelenggaraan negara, yaitu sebagai berikut.

1) Tujuan Negara

a. Tujuan khusus tersimpul dalam anak kalimat berikut.

“…untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa…”.

Tujuan khusus dalam kalimat tersebut sebagai realisasinya dalam hubungannya dengan politik dalam negeri adalah sebagai berikut.

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

b. Tujuan negara yang bersifat umum dalam hal kehidupan sesama bangsa tersimpul dalam anak kalimat berikut.

“…dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…”. Tujuan negara dalam anak kalimat ini realisasinya dalam hubunganya dengan politik luar negeri, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Hal inilah yang menjadi dasar bagi pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang disebut sebagai politik yang bebas aktif.

2) Ketentuan Diadakannya Undang-Undang Dasar

Ketentuan mengenai diadakannya Undang-Undang Dasar terdapat pada anak kalimat: “…maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia…”.

3) Bentuk Negara

Bentuk Negara Indonesia terdapat di dalam anak kalimat: “…yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat…”. Dalam anak kalimat ini dinyatakan bahwa bentuk Negara Indonesia adalah Republik dan kekuasaan berada di tangan rakyat.

4) Dasar Filsafat Negara – Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Dasar filsafat negara terdapat di dalam anak kalimat: “…dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Dalam anak kalimat inilah  termuat Dasar Filsafat Negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Demikian penjelasan mengenai Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kata Kunci:

cara mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia,Apa kandungan isi dari alinea keempat pembukaan uud 1945,makna ikut melaksanakan ketertiban dunia,cara mewujudkan ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan,penjelasan tentang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonrsia,pengertian memajukan kesejahteraan umum,isi pokok yang terkandung dalam pembukaan alinea keempat,cara mewujudkan mencerdaskan bangsa memajukan kesejahteraan umum dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,makna tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa,makna kalimat ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial adalah
Makna dan Kandungan Alinea Keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | Wawang Armansyah | 4.5