Pengertian Stratafikasi Sosial

Monday, August 17th, 2015 - Pengertian, Sosiologi

Pengertian Stratafikasi Sosial – Sebelum mempelajarai lebih jauh mengenai stratafikasi sosial, terlebih dahulu sahabat harus mengetahui pengertian stratafikasi sosial itu sendiri. Kata stratafikasi berasal dari kata bahasa Latin, statum. Arti kata ini adalah lapisan atau pelapisan. Dalam kaitannya dengan masyarakat, stratafikasi sosial berarti lapisan yang terdapat di masyarakat. Stratafikasi masyarakat merupakan perbedaan yang terdapat di masyarakat dalam tingkat yang vertikal. Perbedaan secara vertical menyatakan bahwa di dalam masyarakat terdapat perbedaan tinggi/rendah status (kedudukan) seseorang.

Pengertian Stratafikasi Sosial

Pengertian Stratafikasi Sosial

Pendapat Ahli Mengenai Pengertian Stratafikasi Sosial

Berikut beberapa pengertian yang diungkapkan untuk mendefenisikan stratafikasi sosial:

1. Pitirin A. Sorokin

Seorang ahli sosiologi, Pitirin A. Sorokin menyatakan bahwa stratafikasi sosial merupakan perbedaan di dalam masyarakat berdasarkan kelas sosial. Perbedaan ini menunjukkan posisi anggota masyarakat secara vertical (tinggi atau rendah) yang berkaitan dengan kedudukan, tugas, dan fungsinya di dalam masyarakat.

Dalam ilmu sosiologi, pelapisan sosial dalam masyarakat lebih dikenal dengan istilah stratifikasi sosial. Kata stratifikasi sosial berasal dari bahasa latin “stratum” yang berarti tingkatan dan “socius” yang berarti teman atau masyarakat. Secara harfiah stratifikasi sosial berarti tingkatan yang ada dalam masyarakat. Kemudian apa sebenarnya yang dimaksud dengan stratifikasi sosial? Agar mendapat gambaran yang jelas, berikut ini dikemukakan pendapat para ahli tentang pengertian pelapisan sosial.

2. Bruce J. Cohen

Bruce J. Cohen, pengertian stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai. Menurut Pitrim A. Sorokin (1959), bahwa sosial stratification is permanent characteristic of any organized sosial group, yang artinya pelapisan sosial merupakan ciri yang tepat pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelaskelas secara bertingkat.

3. Astried S. Susanto – Pengertian Stratafikasi Sosial

Astried S. Susanto, stratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antarmanusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertical maupun mendatar dalam masyarakatnya. Paul. B Horton dan Chester L. Hunt, stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

4. Robert M.Z. Lawang

Robert M.Z. Lawang, pengertian stratifikasi sosial adalah penggolongan orangorang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privelese dan prestise.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian stratafikasi sosial atau yang biasa disebut pelapiasan sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal, yang diwujudkan dengan adanya tingkatan masyarakat dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah. Mengapa di dalam masyarakat terdapat pelapisan sosial? Pelapisan sosial akan selalu ditemukan dalam masyarakat selama di dalam masyarakat tersebut terdapat sesuatu yang dihargai.

Demikian penjelasan mengenai pengertian stratafikasi sosial yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga memberikan manfaat dalam peningkatan ilmu pengetahuan Sosiologi sahabat.

Baca juga:

Kata Kunci:

maksud dari sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat
Pengertian Stratafikasi Sosial | Wawang Armansyah | 4.5