Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa

Sunday, August 16th, 2015 - Sosiologi

Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa – Ada beberapa penyebab terjadinya perbedaan bahasa setiap suku bangsa. Kenapa setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda-beda? Salah satu dasar pembedaan diferensiasi sosial adalah bahasa. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bahasa termasuk kedalam ciri-ciri yang dimiliki oleh suku bangsa. Pembedaan suku bangsa dapat dilihat dari perbedaan bahasa yang dipakai oleh suku bangsa tersebut. Bahasa sebagai alat komunikasi antar sesama manusia memiliki ciri berbeda dan khas. Berikut penyebab terjadinya perbedaan bahasa setiap suku bangsa:

Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa

Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa

1). Pengaruh bahasa Asing – Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa

Beberapa wilayah yang berinteraksi dengan masyarakat asing akan menyerap beberapa istilah asing kedalam bahasa daerahnya. Penyerapan bahasa asing terjadi karena adanya istilah-istilah baru yang sebelumnya tidak ada dalam pembedaharaan bahasa daerah. Indonesia menerima banyak pengaruh bahasa asing dari beberapa negara seperti Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang. Bahasa asing yang paling banyak diserap oleh bahasa daerah di Indonesia yaitu bahasa Belanda, Inggris dan Portugis.

2). Perbedaan Wilayah

Perbedaan wilayah seringkali menjadi batas penggunaan bahasa daerah, maksudnya bahasa daerah hanya digunakan di daerahnya saja karena bahasa merupakan salah satu ciri identitas suatu daerah. Misalnya, bahasa Sunda hanya digunakan oleh masyarakat daerah Jawa Barat, bahasa Jawa hanya digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah atau Jawa Timur saja. Wilayah yang terpencil, biasanya memiliki bahasa lebih terbatas lagi karena keterbatasan pemahaman mereka terhadap lingkungannya.

3). Latar Belakang sejarah yang berbeda – Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa

Latar belakang sejarah berpengaruh terhadap bahasa daerah suatu masyarakat. Sebagai contoh, bahasa Sunda di Banten merupakan perpaduan antara bahasa Sunda dan bahasa Jawa, hal ini terjadi karena latar belakang sejarah masyarakat Banten pernah berinteraksi dengan masyarakat Jawa pada jaman kerajaan Mataram.

4). Lingkaran hukum adat dan kemasyarakatan yang berlainan

Lingkaran hukum adat sekaligus menjadi batas pemakaian bahasa yang digunakan oleh masyarakatnya, karena bahasa tersebut menjadi ciri identitas dari suatu lingkaran hukum adat. Setiap lingkaran hukum adat akan memiliki bahasa sendiri.

Demikian penjelasan singkat mengenai Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa yang dapat BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga memberikan manfaat.

Baca juga materi lainnya:

Kata Kunci:

perbedaan bahasa,penyebab perbedaan bahasa,mengapa bisa terjadi perbedaan bahasa di nusantara,perbedaan bahasa daerah indonesia,faktor penyebab perbedaan bahasa dan adat istiadat,penyebab perbedaan daerah yang ada di indonesia,kenapa bisa berbedah daerah dan bangsa,perbedaan bahasa tiap suku diindonesia,beda daerah beda bahasa,perbedaan bahasa daerah di indonesia
Penyebab Terjadinya Perbedaan Bahasa Setiap Suku Bangsa | Wawang Armansyah | 4.5