Perbedaan GLB dengan GLBB

Thursday, August 27th, 2015 - Fisika

Perbedaan GLB dengan GLBB (Gerak Lurus Beraturan dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan) – Sering muncul pertanyaan dalam pelajaran Fisika mengenai perbedaan GLB dengan GLBB. Nach berikut BelajarBagus.net akan sedikit berbagi mengenai perbedaan GLB atau yang merupakan singkatan dari gerak lurus beraturan, dengan GLBB atau yang biasa disebut dengan gerak lurus berubah beraturan.

Contoh Gerak Benda [Perbedaan GLB dengan GLBB]

Contoh Gerak Benda [Perbedaan GLB dengan GLBB]

Dalam materi kinematika dikenal sebuah istilah gerak lurus yang merupakan gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus. Gerak lurus itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan (GLB), dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Namun kedua jenis gerak lurus tersebut memiliki perbedaan, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

Gerak Lurus Beraturan (GLB) – Perbedaan GLB dengan GLBB

Mungkin sahabat tidak asing atau mungkin telah sering mendengar bahkan mempelajari tentang gerak lurus beraturan (GLB). Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda dengan kecepatan tetap. Gerak lurus beraturan atau GLB juga sering didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Hal ini di perbolehkan karena kecepatan tetap memiliki arti besar maupun arahnya tetap, sehingga kata kecepatan boleh diganti dengan kata kelajuan. Contoh GLB yang mudah Sahabat temui adalah gerak kereta yang sedang melaju pada lintasan yang lurus dan datar.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sama halnya dengan GLB, kemungkinan sahabat juga telah mempelajari atau sering mendengar mengenai gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Sebagai gambaran mengenai GLBB, misalnya suatu benda yang kecepatannya dinaikkan atau diturunkan secara beraturan terhadap waktu dan lintasannya berupa garis lurus, maka benda tersebut telah melakukan gerak lurus berubah beraturan. Jadi GLBB adalah gerak suatu benda pada lintasan garis lurus yang percepatannya tetap. Percepatan tetap menunjukkan bahwa besar dan arahnya juga sama.

Sebagai kesimpulan mengenai perbedaan GLB dengan GLBB yakni:

“Untuk gerak lurus beraturan (GLB), benda bergerak dengan kecepatan tetap (misalnya benda bergerak pada detik pertama kecepatannya 2 m/s, kemudian pada detik kedua kecepatannya tetap 2 m/s, dan pada detik ketiga dan seterusnya kecepatannya tetap 2 m/s, artinya tidak mengalami pertambahan kecepatan dari detik pertama atau kecepatannya konstan). Sedangkan untuk gerak lurus berubah beraturan (GLBB), benda bergerak dengan percepatan tetap atau kecepatannya mengalami perubahan secara beraturan (misalnya benda bergerak pada detik pertama kecepatannya 2 m/s, kemudian detik kedua menjadi 4 m/s, kemudian detik ketiga menjadi 6 m/s dan seterusnya dan kecepatannya bertambah secara beraturan atau dianggap percepatannya selalu tetap setiap detiknya)”.

Demikian sedikit ulasan mengenai perbedaan GLB dengan GLBB, semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Sains.

Baca juga mteri Fisika lainnya:

Kata Kunci:

perbedaan glb dan glbb,jelaskan perbedaan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan,perbedaan antara glb dan glbb,jelaskan perbedaan glb dan glbb,perbedaan glb glbb,perbedaan GLB dengan GLBB,perbedaan glb dan glbb dalam bentuk tabel,perbedaan glbb dan glb,perbedaan glb dan glbb dan contohnya,pengertian dan perbedaan GLB dan GLBB
Perbedaan GLB dengan GLBB | Wawang Armansyah | 4.5