Teori dan Hukum Gravitasi Newton Lengkap Contoh Soal

Thursday, August 20th, 2015 - Fisika

Teori dan Hukum Gravitasi Newton – Pada pembahasan materi Fisika berikut akan dijelaskan mengenai Teori dan Hukum Gravitasi Newton. Isaac Newton dilahirkan di Inggris pada tahun 1642. Newton berhasil menemukan kalkulus dan teori gravitasi. Konon, teori dan hukum gravitasi yang ditemukan Newton berawal dari peristiwa jatuhnya buah apel yang dilihatnya. Ia heran mengapa buah apel jatuh ke bawah dan bukan ke atas. Newton meninggal pada usia 85 tahun (tahun 1727).

Dalam penelitiannya, Newton menyimpulkan bahwa gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik antara dua benda dipengaruhi jarak kedua benda tersebut, sehingga gaya gravitasi bumi berkurang sebanding dengan kuadrat jaraknya. Bunyi hukum gravitasi Newton adalah setiap partikel di alam semesta ini akan mengalami gaya tarik satu dengan yang lain. Besar gaya tarik-menarik ini berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya.

Rumus Teori dan Hukum Gravitasi Newton

Secara matematis, hukum gravitasi Newton dapat dirumuskan sebagai berikut.

teori-dan-hukum-gravitasi-newton

Keterangan:

F : gaya tarik-menarik antara kedua benda (N)

m1 : massa benda pertama (kg)

m2 : massa benda kedua (kg)

r  : jarak kedua benda (m)

G : tetapan gravitasiteori-dan-hukum-gravitasi-newton-1

 

Pada persamaan di atas muncul konstanta G. Konstanta ini menunjukkan nilai tetapan gravitasi bumi. Penentuan nilai G pertama kali dilakukan oleh Henry Cavendish dengan menggunakan neraca torsi. Neraca tersebut kemudian dikenal dengan neraca Cavendish. Pada neraca Cavendish terdapat dua buah bola dengan massa berbeda, yaitu m dan M.

teori-dan-hukum-gravitasi-newton-2

Perhatikan gambar di atas, kedua bola pada gambar di atas dapat bergerak bebas pada poros dan tarik-menarik, sehingga akan memuntir serat kuarsa. Hal ini menyebabkan cahaya yang memantul pada cermin akan bergeser pada skala. Setelah meng konversi skala dan memerhatikan jarak m dan M serta massa m dan M, Cavendish menetapkan nilai G sebesar 6,754 × 10-11 N.m2/kg. Nilai tersebut kemudian disempurna kan menjadi:

teori-dan-hukum-gravitasi-newton-3

Contoh Soal Teori dan Hukum Gravitasi Newton

teori-dan-hukum-gravitasi-newton-7

Demikian penjelasan mengenai Teori dan Hukum Gravitasi Newton yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kata Kunci:

sebutkan bunyi teori gravitasi menurut Isaac Newton,gravitasi hukum atau teori,soal fisika hukum gravitasi newton,soal dan pembahasan tentang gelombang antara hukum newton,soal dan pembahasan hukum newton gravitasi,soal dan jawaban teori tentang hukum gravitasi newton,soal dan jawaban tentang materi hukum newton gravitasi,soal dan jawaban gravitasi newton,sebutkan teori gravitasi menurut isaac newton,Sebutkan bunyi teori gravitasi menurut isaac newton?
Teori dan Hukum Gravitasi Newton Lengkap Contoh Soal | Wawang Armansyah | 4.5