Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Sunday, September 6th, 2015 - Biologi

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen – Salah satu keanekaragaman pada makhluk hidup yakni keanekaragaman hayati tingkat gen. Dari sekian banyak organisme yang menghuni bumi, tidak ada sepasang pun yang benar-benar sama untuk segala hal. Kenyataan tersebut menunjukkan kepada kita, bahwa di alam raya dijumpai keanekaragaman makhluk hidup atau disebut juga keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah.

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keseluruhan gen, jenis dan ekosistem merupakan dasar kehidupan di bumi. Mengingat pentingnya keanekaragaman hayati bagi kehidupan maka keanekaragaman hayati perlu dipelajari dan dilestarikan. Tingginya tingkat keanekaragaman hayati di permukaan bumi mendorong ilmuwan mencari cara terbaik untuk mempelajarinya, yaitu dengan klasifikasi.

Keanekaragaman hayati melingkupi berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies maupun tingkatan ekosistem. Namun pada kesempatan ini akan dibahas mteri biologi khusus Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen.

Pengertian Gen atau plasma Nuftah – Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Gen atau plasma nuftah adalah substansi kimia yang menentukan sifat keturunan yang terdapat di dalam lokus kromosom. Setiap individu makhluk hidup mempunyai kromosom yang tersusun atas benang-benang pembawa sifat keturunan yang terdapat di dalam inti sel. Sehingga seluruh organisme yang ada di permukaan bumi ini mempunyai kerangka dasar komponen sifat menurun yang sama.

Kerangka dasar tersebut tersusun atas ribuan sampai jutaan faktor menurun yang mengatur tata cara penurunan sifat organisme. Walaupun kerangka dasar gen seluruh organisme sama, namun komposisi atau susunan, dan jumlah faktor dalam kerangka bisa berbeda-beda. Perbedaan jumlah dan susunan faktor tersebut akan menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen.

Di samping itu, setiap individu memiliki banyak gen, bila terjadi perkawinan atau persilangan antar individu yang karakternya berbeda akan menghasilkan keturunan yang semakin banyak variasinya. Karena pada saat persilangan akan terjadi penggabungan gen-gen individu melalui sel kelamin. Hal inilah yang menyebabkan keanekaragaman gen semakin tinggi. Contoh keanekaragaman tingkat gen ini adalah tanaman bunga mawar putih dengan bunga mawar merah yang memiliki perbedaan, yaitu berbeda dari segi warna bunga.

Dalam perkembangannya, faktor penentu tidak hanya terdapat pada gen saja, melainkan ada juga faktor lain yang berperan mempengaruhi keanekaragaman hayati ini, yaitu lingkungan. Sifat yang muncul pada setiap individu merupakan interaksi antara gen dengan lingkungan. Dua individu yang memiliki struktur dan urutan gen yang sama, belum tentu memiliki bentuk yang sama pula karena faktor lingkungan mempengaruhi penampakan (fenotipe) atau bentuk.

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Misalnya, orang yang hidup di daerah pegunungan dengan orang yang hidup di daerah pantai memiliki perbedaan dalam hal jumlah eritrositnya. Jumlah eritrosit orang yang hidup di daerah pegunungan lebih banyak dibanding yang hidup di pantai disebabkan adaptasi terhadap kandungan oksigen di lingkungannya. Di daerah pegunungan lebih rendah kandungan oksigennya dibandingkan di daerah pantai. Sehingga fenotipe pipi orang pegunungan umumnya lebih kemerahan dibanding orang pantai.

Demikian penjelasan mengenai Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat dan semoga bisa menjadi referensi bagi sahabat dalam meningkatkan pengetahuan sahabat dalam menguasai ilmu Biologi.

Baca juga:

Kata Kunci:

apakah keanekaragaman hayati dan keanekaragaman organisme sama?,sebutkan keanekaragamaan jenis dan ekosistem arwana,pengertian keanekaragaman hayati tingkat Gen dan menyebutkan faktor yg mempengaruhinya,Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis pada ikan,keanekaragaman hayati tingkat gen di pantai,keanekaragaman gen arwana,jenis jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat gen,faktor yang mempengaruhi keanekaragaman tingkat gen,faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat gen,contoh persilangan tingkat gen
Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen | Wawang Armansyah | 4.5