Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Monday, September 7th, 2015 - Geografi

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui – Terdapat pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ada beberapa macam sumber daya alam dan tentunya masing-masing pemanfaatan dan manfaat tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat:

a. Sungai – Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Kegiatan pemanfaatan sungai yang berlangsung selama ini sebagian besar masih dilakukan dengan cara yang kurang memperhatikan kelestarian dan kepentingan umum. Hal ini ditandai dengan kondisi-kondisi yang salah satunya ialah hilangnya sebagian besar tumbuhan penutup di daerah aliran sungai bagian hulu, sehingga memengaruhi daya resap lahan dan meningkatkan erosi (Puslit Sumber daya Air, 2002:3).

Menurut Puslit Sumber daya Air (2002: 3) sungai sebagai sumber air yang mempunyai sejumlah potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia, di antaranya sebagai berikut.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

  • Sebagai sumber penghidupan dan kehidupan, air dibutuhkan manusia. Oleh karena itu, tumbuhlah pemukiman di sekitar sungai.
  • Sungai juga dapat dijadikan sarana transportasi untuk mendukung mobilitas manusia.
  • Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya, seperti ikan.
  • Sungai berfungsi untuk mengairi pertanian (irigasi).

b. Waduk atau Danau

Selain sungai, keberadaan waduk dan danau merupakan potensi dari sumberdaya air yang memberikan manfaat bagi kelangsungan manusia. Danau terbentuk secara alamiah oleh proses geologi, baik tektonisme maupun vulkanisme, sedangkan waduk merupakan buatan manusia dengan membuat tanggul atau bendungan sehingga air sungai naik dan menggenangi daerah sekitar yang memiliki ketinggian yang sama (Darsiharjo, 2005:109).

Adapun manfaat dari danau atau waduk bagi kepentingan manusia ialah sebagai berikut.

pemanfaatan-sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbaharui-1

Waduk

  • Danau/waduk berfungsi sebagai tempat rekreasi alam, seperti Danau Toba, Situ Patenggang Jabar.
  • Danau/waduk berfungsi untuk mengairi irigasi, seperti waduk Jatiluhur, Saguling, dan Cirata.
  • Danau/waduk berfungsi sebagai PLTA, seperti Jatiluhur, Cirata dan Saguling.

c. Laut

Laut merupakan sumberdaya air yang apabila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, akan memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Berikut ini pemanfaatan laut bagi kepentingan manusia.

pemanfaatan-sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbaharui-2

Contoh Pembiakan Rumput laut

  • Sebagai tempat pembiakan rumput laut untuk bahan makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.
  • Tempat objek wisata bahari.
  • Sumber protein hewani, seperti ikan laut, kerang.
  • Sebagai transportasi antarpulau.
  • Gelombang dan arusnya dapat didayagunakan untuk tenaga listrik.

d. Sinar Matahari, Suhu dan Angin – Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sinar matahari, angin, dan suhu merupakan sekelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena dapat dimanfaatkan dan menghasilkan secara terus-menerus. Saya rasa kita pun sudah sepakat bahwasannya sinar matahari mempunyai peranan sangat berarti bagi kehidupan, seperti untuk memberikan vitamin E bagi tubuh, dan membantu proses fotosintesis bagi tumbuhan. Selain itu sinar matahari dapat pula dijadikan bahan energi pembangkit tenaga surya, sebagai alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

Adanya perbedaan suhu dan pergerakan angin sebenarnya tidak terlepas dari peranan sinar matahari. Perbedaan intensitas cahaya matahari di suatu wilayah mengakibatkan perbedaan suhu antara wilayah satu dengan yang lainnya. Perbedaan suhu ini mengakibatkan angin bergerak, pergerakan angin bergerak dari tekanan yang tinggi (suhu rendah) ke tekanan yang rendah (suhu tinggi).

Manfaat perbedaan suhu ini antarwilayah tersebut mengakibatkan perbedaan dalam menentukan jenis tanaman dalam hal bercocok tanam, kemudian manfaat angin dalam kehidupan manusia ialah sebagai pembawa uap air sehingga dapat mendistribusikan hujan ke setiap wilayah sebagai media pengering dan membantu proses penyerbukan tanaman.

Demikian penjelasan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui, semoga membarikan manfaat dalam pengembangan pendidikan Geografi sahabat.

Baca juga:

Kata Kunci:

contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan manfaatnya,jelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbarui,3 contoh sumber daya alam yang da0at diperbarui dan tidak dapat,sumber daya alam selain sungai adalah,pemanfaatan sumber daya alam danau,manfaat sumber daya alam yang bisa menjadi obat,Manfaat sumber daya alam kampung Yoka,manfaat sda yang dapat diperbaharui,jelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam yang dapat perbarui,jelaskan upaya pemanfaatan sumber daya alam yang dapat di perbaharui
Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui | Wawang Armansyah | 4.5