Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Monday, September 7th, 2015 - Geografi

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui – Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui, nach kali ini akan dijelaskan bagaimana Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui. Berikut ulasannya:

Sumber Daya Energi – Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya energi ini adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Proses pembentukannya selama jutaan tahun. Sumber daya ini apabila diolah akan menghasilkan energi panas yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya.

1) Minyak Bumi

Minyak bumi sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui memiliki peranan yang sangat vital bagi kehidupan manusia karena fungsinya sebagai bahan bakar atau sumber energi. Minyak bumi mulai ada di bumi ini pada zaman primer, sekunder, dan tersier. Bahkan dasar minyak berasal dari fosil-fosil atau mikroplankton yang tertimbun dan mengendap jutaan tahun yang lalu dan tersebar di lautan ataupun di telukteluk dan di rawa-rawa.

Penghasil Minyak Bumia

Penghasil Minyak Bumia

Minyak bumi dapat diolah kembali dan menghasilkan bahan bakar yang kita kenal selama ini yaitu, minyak tanah, diesel, premium, dan lain-lain. Adapun sebaran penghasil minyak bumi di Indonesia adalah Sulawesi, Jawa (Cepu dan Cirebon), Kalimantan, (Tarakan, Kutai, dan Balikpapan), Maluku, Nusa Tenggara, Sumatra (Palembang dan Jambi).

2) Batu Bara

Selain minyak bumi, batu bara pun memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Batu bara terjadi karena tumbuh-tumbuhan tropis pada masa prasejarah tertimbun hingga berada dalam lapisan batu-batuan sedimen yang lain. Pada masa revolusi industri di Inggris pada abad ke-18, batu bara memiliki peranan yang sangat penting untuk bahan bakar, khususnya kereta api. Batu bara digunakan untuk keperluan industri dan pembangkit listrik tenaga uap dan pembakaran batu gamping serta genting.

Adapun persebaran tambang batu bara di Indonesia antara lain:

  • Sumatra bagian selatan, Sumatra barat, Bukit Asam dekat Tanjung Enim (Palembang), Riau, NAD;
  • Pulau Jawa;
  • Pulau Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur;
  • Papua (Irian Jaya).

3) Gas Alam

Gas alam biasanya ditemukan pada saat pengeboran minyak bumi. Susunan kimia batu bara merupakan campuran hidrokarbon dengan kadar karbon kecil. Ada dua macam gas alam yang diperdagangkan, yaitu LPG dan LNG. LPG singkatan dari Liquefied Petroleum Gas, Gas ini dihasilkan bersamaan dengan penyilangan minyak bumi. Setelah melalui pengeboran, gas ini tersimpan dan dicairkan dalam bentuk Liquefied Natural Gas (LNG). Gas alam cair diproduksi di Arun dan Badak.

Sumber Daya Mineral – Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Selain sumber daya energi, sumber daya mineral juga memiliki peranan penting dalam menghasilkan logam untuk berbagai keperluan industri lainnya untuk menunjang kehidupan manusia.

1) Emas

Emas banyak digunakan orang untuk perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, menambal atau melapisi gigi yang rusak, perkakas laboratorium ilmiah, synthetic fiber, dan juga untuk thermocouples, dan sebagainya. Emas yang dianggap komersil yaitu emas urai (Au), calaverite (Au3Te), sylvanite (AU3Ag)Te), krennite (Au, Ag)Te2 dan petzite ((Ag, Au)2Te).

Emas

Emas

Bijih emas diperoleh di dalam cebakan, sedimen, dan metamorfik pada seluruh formasi geologi. Pada umumnya, emas yang dihasilkan terjadi dari larutan hydrothermal yang umurnya relatif muda. Pelapukan membentuk bijih placer. Cara penambangan bijih placer yaitu dengan cara disemprot dengan air (hydraulicking), dengan menggunakan kapal keruk (dredge) atau dengan dragline yang dikombinasikan di atas pontoon (floating washing plants). Sedangkan penambangan bijih emas primer dilakukan dengan cara tambang dalam.

Agar nilai jual emas bertambah, maka bijih emas harus diolah terlebih dahulu dengan cara ctanidasi, amalgamsi, flotsi, gravity concentration dan peleburan (smelting) atau dengan cara kombinasi dari proses-proses tersebut. Hasil tambang emas yang terbesar berada di Cikotok.  Daerah lain yang terdapat bijih emas yaitu di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan lain-lain.

2) Perak

Perak merupakan salah satu barang tambang yang termasuk salah satu hasil tambang logam mulia. Perak bisa dikatakan merupakan saudara kembar emas.  Perak banyak digunakan untuk membuat campuran-campuran logam (Alloy), solder perak fotografi, keramik, high efficiency, baterai pada jet dan peluru kendali, kamera televisi, dan alat-alat presisi (scientific instrument). Mineral-mineral perak yang terpenting antara lain perak alam (Ag), argentite (AgS), cerargyrite (AgCl), polybasite, proustite, dan pyrargyrite.

Perak yang dihasilkan di dunia kebanyakan berasal dari cebakan Hydrotermal typefissure filling. Cara penambangan perak menggunakan system cut and fill (gali-isi) dan square set pada bijih yang lebar. Seperti juga emas, maka perak harus diolah terlebih dahulu agar memiliki nilai jual tinggi. Adapun cara pengolahannya sebagai berikut. Bijih yang telah digiling halus diklasifikasikan dengan akins classifiet menjadi 60% lewat saringan 200 mesh. Bubur bijih diflotasi dalam flotasi cellfagergren. Campuran antimony dan arsen dipisahkan dengan melidi (leach) dengan NaS. Produksi pertambangan perak di Indonesia berasal dari Unit Pertambangan Cikotok (PT Aneka Tambang).

Itulah penjelasan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui yang bisa Belajarbagus.net share untuk sahabat, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kata Kunci:

sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya,manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui,pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah,manfaat sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui,manfaat dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui,manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui,manfaat sumber alam yang tidak dapat di perbaharui,pemanfaatan SDA yg tidak dapat diperbaharui,cara memanfaatkan sumber daya alam yg tidak dapat di perbarui,jelaskan berbagai manfaat dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui | Wawang Armansyah | 4.5