Pengertian Gerak (Pengertian Lengkap)

Monday, September 14th, 2015 - Fisika

Pengertian Gerak – Di dalam ilmu fisika pengertian gerak adalah perubahan tempat atau kedudukan baik hanya sekali maupun berkali-kali. Di dunia sains, gerak memiliki nilai besaran skalar dan vektor. Kombinasi dari kedua besaran tersebut dapat menjadi besaran baru yang disebut kecepatan dan percepatan. Gerakan pada sebuah benda umumnya dipengaruhi oleh dua jenis energi, yakni Energi Potensial dan Energi kinetik. Berdasarkan perubahannya gerak dapat dibagi menjadi dua jenis, gerak osilasi dan tidak berosilasi.

Pengertian Gerak

Pengertian Gerak

Gerak merupakan suatu perubahan keadaan atau tempat dari suatu benda pada titik keseimbangan awal. Benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut berpindah kedudukan pada benda lainnya baik pada perubahan yang mendekat ataupun yang menjauh. Secara sederhana gerak dapat berarti perpindahan posisi. Adapun faktor yang mempengaruhi benda bergerak ialah luas area, bentuk bnda, berat benda, kondisi benda yang dilalui. Selain pengertian gerak diatas, masih ada beberapa pengertian gerak lainnya baik itu yang diungkapkan oleh para ilmuan maupun yang berkaitan dengan ilmu fisika.

Pengertian Gerak Menurut para Ahli

1. J. Untoro

Gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau titik yang menjadi patokannya.

2. Kamajaya

Gerak ialah perubahan kedudukan atau tempat suatu benda dimana benda tersebut bergerak terhadap titik acuan atau titik asalnya.

3. Efrizon Umar

Gerak ialah perubahan kedudukan atau posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.

4. Ruslan Tri S & Cahyo W

Menurut mereka gerak ialah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau titik acuan tertentu.

5. Sri Murtono

Gerak ialah berpindahnya tempat atau posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.

6. Menurut KBBI

Gerak ialah suatu peralihan tempat ataupun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.

7. Menurut Ilmu Biologi

Gerak merupakan salah satu cara merespon suatu rangsangan, karena salah satu karakteristik makhluk yang dapat dikategorikan sebagai makhluk hidup ialah dapat bereaksi ketika diberi suatu rangsangan.

[Cari tahu juga: Pengertian Arus Listrik]

Beberapa Pengertian yang Berkaitan degan Gerak dalam Ilmu Fisika

1. Gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama.

2. Gerak lurus beraturan

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap dikarenakan tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.

3. Gerak lurus berubah beraturan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan, rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.

Itulah beberapa Pengertian Gerak dan yang berkaitan dengan gerak itu sendiri yang dapat BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Kata Kunci:

pengertian gerak,apa yang dimaksud dengan gerak,gerak adalah,gerak dalam biologi,apa yang dimaksud gerak,pengertian dan materi tentang gerakan,jelaskan istilah gerakan,pengertian gerak dalam ilmu biologi,jelaskan pengertian gerak dalam biologi,apakah gerak itu
Pengertian Gerak (Pengertian Lengkap) | Wawang Armansyah | 4.5