Pengertian Manajemen dan Manfaat Manajemen

Tuesday, September 8th, 2015 - Ekonomi

Pengertian Manajemen dan Manfaat Manajemen – Mungkin sahabat telah mengetahui pengertian manajemen secara detail. Namun kali ini BelajarBagus.net akan sedikit berbagi pengertian manajemen secara umum dan beberapa pendapat dari ahli. Manajemen dibutuhkan oleh semua orang, karena tanpa manajemen yang baik, segala usaha yang dilakukan organisasi akan kurang berhasil. Istilah manajemen berasal dari bahasa Italia meneggiari yang berarti mengendalikan hewan, khususnya kuda. Dalam perkembangannya istilah itu kemudian digunakan untuk mengendalikan organisasi.

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Organisasi dapat diartikan sebagai suatu kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Di dalam organisasi dirasakan perlunya bekerja sama atau bantuan orang lain. Keberhasilan suatu organisasi antara lain ditentukan oleh kemampuan manajer untuk mengatur kerja sama tersebut. Kegiatan memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, mengembangkan kegiatan organisasi merupakan kegiatan manajemen.

Pengertian atau Defenisi Manajemen dari Beberapa Ahli

Berikut ini dikemukakan berbagai batasan mengenai pengertian manajemen

  1. George R. Terry dalam bukunya The Principles of Management mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan kegiatan orang lain.
  2. Henry Fayol dalam bukunya General Industrial Management mengatakan bahwa manajemen adalah proses tertentu yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.
  3. John D. Millet dalam bukunya Management in the Public Service mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.
  4. Harold Koontz dan Cyril O’Donnell dalam bukunya The Principles of Management mengatakan bahwa manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
  5. Manullang mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari berbagai batasan/definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pengertian manajemen tersebut terdapat unsur tujuan, kegiatan, dan manusia. Ketiga hal ini sering disebut unsur-unsur manajemen. Ketiga unsur tersebut merupakan unsur pokok organisasi. Unsur-unsur tadi diupayakan agar sinkron dan harmonis sehingga tujuan organisasi tercapai secara optimal, kegiatan organisasinya efektif, dan penggunaan manusianya efisien.

Manfaat Manajemen – Pengertian Manajemen

Manajemen memiliki manfaat dalam pengembangan berbagai organisasi/instansi, baik swasta maupun pemerintah. Menurut T. Hani Handoko ada tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan.

  • Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik oleh pribadi maupun perusahaan.
  • Manajemen membantu keseimbangan di antara tujuantujuan yang telah ditetapkan.
  • Adanya manajemen akan berguna untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta menjaga keseimbanagan dari berbagai tujuan.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian manajemen dan manfaat manajemen yang bisa kami bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat dalam peningkatan pengetahuan sahabat di masa modern ini.

Lihat juga:

Kata Kunci:

manfaat manajemen,manfaat belajar ilmu manajemen,tujuan mempelajari manajemen,mengapa perlu mempelajari manajemen,manfaat manajemen dalam organisasi,mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen,mengapa kita perlu mempelajari manajemen,mengapa perlu blajar managemen,manfaat ilmu manajemen,pengertian dan manfaat manajemen
Pengertian Manajemen dan Manfaat Manajemen | Wawang Armansyah | 4.5