Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Wednesday, September 9th, 2015 - Biologi

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif – Salah satu perkembangbiakan tumbuhan yakni perkembangbiakan tumbuhan secara generatif. Perkembangbiakan generatif (reproduksi generatif) adalah perkembangbiakan tumbuhan secara kawin atau seksual. Proses perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Baik tumbuhan ataupun hewan dapat mengalami pembiakan secara generatif ini. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan.

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Pembuahan merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang pada akhirnya akan menghasilkan zigot dan menjadi organisme baru. Pembuahan pada hewan melalui proses peleburan antara sel telur dan sel sperma sedangkan Pembuahan pada tumbuhan adalah proses dari peleburan serbuk sari dan putik. Contoh cara perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif adalah konjugasi, isogami, anisogami dan penyerbukan.

Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh serangga. Sifat keturunan yang diperoleh dari pembiakan secara generatif dapat bervariasi dan juga gabungan dari kedua induknya. Perkembangbiakan generatif hanya dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat tinggi yaitu makhluk hidup seperti yang memiliki alat kelamin yang jelas sehingga bisa di tentukan mana jantan dan betinannya. Ada juga organisme yang memunyai dua alat kelamin pada satu tubuh sehingga dapat melakukan perkawinan sendiri. Makhluk hidup yang mempunyai 2 alat kelamin di sebut dengan istilah hemaprodit.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan didahului dengan peristiwa penyerbukan, kemudian diiringi peristiwa pembuahan. Penyerbukan adalah peristiwa sampainya serbuk sari ke kepala putik. Penyerbukan dapat terjadi secara alami maupun dengan bantuan manusia dan binatang. Setelah terjadi penyerbukan maka berlangsunglah proses pembuahan.

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan terjadi melalui beberapa cara, yaitu:

  1. Konjugasi, yaitu reproduksi generatif pada tumbuhan yang belum jelas alat kelaminnya. Contoh: Spyrogyra (ganggang hijau) yang koloninya berbentuk benang.
  2. Isogami, yaitu peleburan 2 sel gamet atau kelamin yang sama besar. Contoh:Clamydomonas (ganggang biru).
  3. Anisogami, yaitu peleburan 2 sel gamet yang besarnya tidak sama. Gamet 1 lebih kecil (mikrogamet) dan gamet 2 lebih besar (makrogamet). Contoh: Ulva (ganggang yang berbentuk lembaran).

Penyerbukan yang diikuti dengan pembuahan. Terjadi pada tumbuhan berbunga (Antophyta) atau tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Alat kelamin jantan berupa benang sari dan alat kelamin betinanya berupa putik.

Demikian penjelasan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara generatif yang bisa BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga memberikan manfaat.

Baca juga:

Kata Kunci:

reproduksi generatif pada tumbuhan yang belum jelas alat kelaminya disebut,perkembangbiakan generatif pada tumbuhan,gambar konjugasi pada perkembangbiakan generatif pada tumbuhan biji,perkembangbiakan makhluk hidup anisogami,perkembangbiakan generatif pada organisme yang belum jelas kelaminnya terjadi pada organisme yang belum jelas jenis kelaminnya terjadi pada organisme,perkembangbiakan generatif pada organisme yang belum jelas jenis kelamin nya terjadi pada organisme,perkembangan generatif pada tumbuhan di tandai dengan,perkembangan biakan generatif pada tumbuhan,pengertian perkembangbiakan generatif konjungsi,konjugasi isogami anisogami pengertian
Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif | Wawang Armansyah | 4.5