Rumus Arus Listrik

Sunday, September 6th, 2015 - Fisika

Rumus Arus Listrik – Kali ini pembahasan di mata pelajaran Fisika yaitu mengenai rumus arus listrik. Belajarbagus.net akan sdikit berbagi rumus arus listrik dimana masih berkaitan dengan Pengertian Kuat Arus Listrik yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan adanya beda potensial yang ditunjukkan oleh sumber tegangan menyebabkan adanya aliran muatan. Banyaknya aliran muatan (Q), per satuan waktu (t), disebut arus muatan (I). Jika aliran muatan positif disebut arus listrik atau kuat arus.

Rumus Arus Listrik

Secara matematika untuk arus yang konstan, besar arus dalam Ampere dapat diperoleh dengan persamaan:

rumus-arus-listrik

Rumus Arus Listrik

Dengan Q dinyatakan dalam satuan coulomb (C), t dalam satuan sekon, dan kuat arus dinyatakan dalam satuan ampere (A). Oleh karena itu, ampere dapat dinyatakan sebagai coulomb per sekon dan 1 ampere  adalah 1 coloumb muatan yang mengalir dalam waktu 1 sekon.

Sedangkan secara umum, arus listrik yang mengalir pada suatu waktu tertentu adalah:

rumus-arus-listrik-1

Dengan demikian dapat ditentukan jumlah total muatan yang dipindahkan pada rentang waktu 0 hingga t melalui integrasi:

rumus-arus-listrik-2

Sesuai dengan persamaan di atas, arus listrik adalah besaran skalar karena baik muatan Q maupun waktu t merupakan besaran skalar. Dalam banyak hal sering digambarkan arus listrik dalam suatu sirkuit menggunakan panah, salah satunya seperti pada diagram di atas. Panah tersebut bukanlah vektor dan tidak membutuhkan operasi vektor.

Arus yang mengalir masuk suatu percabangan sama dengan arus yang mengalir keluar dari percabangan tersebut

Arus yang mengalir masuk suatu percabangan sama dengan arus yang mengalir keluar dari percabangan tersebut

Pada diagram di atas ditunjukkan arus mengalir masuk melalui dua percabangan dan mengalir keluar melalui dua percabangan lain. Karena muatan listrik adalah kekal maka total arus listrik yang mengalir keluar haruslah sama dengan arus listrik yang mengalir ke dalam sehingga i1 + i4 = i2 + i3. Panah arus hanya menunjukkan arah aliran sepanjang penghantar, bukan arah dalam ruang.

Demikian sedikit penjelasan singkat mengenai rumus arus listrik yang bisa kami bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Kata Kunci:

rumus arus listrik,rumus arus,rumus arus yang keluar dari sumber tegangan (arus total),rumus besar muatan yang dipindahkan,rumus besarnya arus listrik,rumus menurut diagram arus adalah?,Rumus muatan yang ke luar,apakah yang dimaksud arus listrik rumuskan,rumus rumus arus listrik,rumus sumber arus listrik
Rumus Arus Listrik | Wawang Armansyah | 4.5