Pengertian Pendapatan Nasional

Wednesday, October 14th, 2015 - Ekonomi, Pengertian

Pengertian Pendapatan Nasional – Untuk penghitungan dan pengertian pendapatan nasional (National Income) dapat ditinjau dari tiga pendekatan, yaitu Pendekatan/Metode Produksi (Produk Domestik Bruto/PDB), Pendekatan/Metode Pengeluaran (Produk Nasional Bruto/PNB), dan Pendekatan/Metode Pendapatan (Pendapatan Nasional/PN). Untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai Pengertian Pendapatan Nasional sesuai dengan ketiga pendekatan atau metode yang ada.

Pengertian Pendapatan Nasional

Pengertian Pendapatan Nasional

1. Pengertian Pendapatan Nasional berdasarkan Pendekatan/Metode Produksi (Produk Domestik Bruto / PDB)

Berdasarkan metode ini pendapatan nasional adalah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu. Dengan metode ini, pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan setiap nilai tambah (value added) proses produksi di dalam masyarakat (warga negara asing dan penduduk)  dari berbagai lapangan usaha suatu negara dalam kurun waktu satu periode (biasanya satu tahun).

Di dalam suatu perekonomian, di negara-negara maju atau di negara-negara berkembang, barang dan jasa diproduksikan bukan saja oleh perusahaan milik penduduk negara tersebut, melainkan oleh penduduk negara lain. Selalu didapati produk nasional diciptakan oleh faktor-faktor produksi yang berasal dari luar negeri. Perusahaan multinasional beroperasi di berbagai negara dan membantu menaikan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh negara-negara tersebut.

Perusahaan multinasional tersebut menyediakan modal, teknologi, dan tenaga ahli kepada negara tempat perusahaan itu beroperasi. Dengan demikian, Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai barang dan jasa dalam suatu negara yang diprodusikan oleh faktor-faktor produksi milik warga negara tersebut dan asing.

2. Pendekatan/Metode Pengeluaran (Produk Nasional Bruto / PNB)

Pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran dapat diartikan jumlah pengeluaran secara nasional untuk membeli barang dan jasa dalam satu periode, biasanya satu tahun. Berdasarkan metode pengeluaran, pendapatan nasional adalah penjumlahan seluruh pengeluaran yang dilakukan selur uh pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, masyarakat luar negeri) di dalam suatu negara selama periode tertentu (satu tahun). Hasil penghitungannya disebut Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP).

Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP) adalah konsep yang mempunyai arti yang bersamaan dengan GDP, tetapi memperkirakan jenis-jenis pendapatan yang sedikit berbeda. Dalam menghitung PNB, nilai barang dan jasa yang dihitung dalam pendapatan nasional hanyalah barang dan jasa yang diproduksikan oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari negara yang pendapatan nasionalnya dihitung.

Karena faktor-faktor produksi yang dimiliki warga negara suatu negara terdapat di negara itu sendiri atau luar negeri, nilai produksi yang diwujudkan oleh faktor-faktor yang digunakan di luar negeri juga dihitung di dalam PNB. Sebaliknya, dalam PNB tidak dihitung produksi yang diwujudkan oleh faktor-faktor produksi milik penduduk atau perusahaan  negara lain yang digunakan di negara tersebut.

3. Pengertian Pendapatan Nasional berdasarkan Pendekatan/Metode Pendapatan (Pendapatan Nasional / PN)

Pendapatan nasional menurut pendekatan ini adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh pemilik faktor-faktor produksi (rumah tangga) yang digunakan untuk memproduksikan barang dan jasa dalam satu tahun tertentu.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Pendapatan Nasional yang dapat BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga:

Kata Kunci:

teori-teori tentang pendapatan dan faktor-faktornya
Pengertian Pendapatan Nasional | Wawang Armansyah | 4.5