Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Saturday, October 31st, 2015 - Sosiologi

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi – Dalam Sosiologi dikenal sebuah istilah struktur sosial. Terdapat beberapa pengertian struktur sosial menurut para ahli sosiologi dengan pendapat dan pandangan yang berbeda-beda berkaitan dengan konsep struktur social itu sendiri. Berikut beberapa pengertian struktur sosial itu:

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

1. Pengertian Struktur Sosial Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi (Dalam Soerjono Soekanto, 20 ; 2005)

Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.

2. Firth (Dalam Basrowri, 67 ; 2005)

Struktur sosial dianggap sama dengan organisasi sosial yang mengacu pada hubunganhubungan sosial yang lebih fundamental yang  memberikan bentuk dasar pada masyarakat, yang memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.

3. Abdul Syani (Dalam Basrowri, 69 ; 2005)

Struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.

4. Soerjono Soekanto (59 ; 2005)

Struktur sosial merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial pokok, yang meliputi:

  • Kelompok sosial,
  • Kebudayaan,
  • Lembaga sosial,
  • Strati kasi sosial,
  • Kekuasaan dan wewenang.

5. D. Hendropuspito (89 ; 1999) – Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli sosiologi di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan bangunan/jaringan sosial yang mencakup hubungan sosial antara individu secara teratur pada waktu tertentu yang merupakan keadaan statis dari suatu sistem sosial.

Demikian Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi yang dapat BelajarBagus.net bagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kata Kunci:

pengertian struktur sosial para ahli,pengertian struktur sosial menurut soerjono soekanto,struktur sosial menurut para ahli,struktur sosial menurut soerjono soekanto,pengertian struktur sosial menurut soerjono soekanto dan koejara,perbedaan 4 pendapat tentang struktur sosial,proses sosial menurut selo soemardjan,sebutkan beberapa pengertian sosial menurut para ahli,struktur ilmu sosiologi,struktur soaial menurut soerjono soekanto
Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi | Wawang Armansyah | 4.5