Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor

Monday, October 5th, 2015 - Fisika

Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor – Dua buah besaran dalam fisika yang memiliki perbedaan antar keduanya yaitu besaran skalar dengan besarn vektor. Keduanya memiliki perbedaan berdasarkan nilai dan arah yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan dari belajarbagus.net untuk sahabat.

Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor

Contoh Besaran Skalar dengan Besaran Vektor

Contoh Besaran Skalar dengan Besaran Vektor

Besaran Skalar

Skalar merupakan konsep yang digunakan dalam matematika and fisika. Konsep yang dipakai dalam fisika adalah versi yang lebih konkret dari ide yang sama dalam matematika.

Dalam matematika, arti skalar bergantung kepada konteksnya; kata ini bisa berkaitan dengan bilangan real atau bilangan kompleks atau bilangan rasional. Secara umum, ketika ruang vektor dalam medan F dipelajari, maka F disebut medan skalar. Dalam aljabar matriks, skalar didefinisikan sebagai matriks berordo 1×1 dan memiliki sifat-sifat seperti bilangan belaka.

Dalam fisika, besaran skalar adalah kuantitas yang bisa dijelaskan dengan suatu angka (entah itu tanpa dimensi, atau dalam suatu kuantitas fisika). Kuantitas skalar mempunyai besar (magnitudo), tetapi tidak mempunyai arah dan oleh karena itu berbeda dengan vektor. Secara lebih formal, suatu skalar adalah besaran yang tidak berubah dalam rotasi koordinat (atau transformasi Lorentz, untuk relativitas).

[Coba lihat juga Perbedaan Besaran Pokok dengan Besaran Turunan Disertai Contohnya]

Besaran Vektor

perbedaan-besaran-skalar-dengan-besaran-vektor-1

Vektor dalam matematika dan fisika adalah obyek geometri yang memiliki besar dan arah. Vektor jika digambar dilambangkan dengan tanda panah (→). Besar vektor proporsional dengan panjang panah dan arahnya bertepatan dengan arah panah. Vektor dapat melambangkan perpindahan dari titik A ke B. Vektor sering ditandai sebagai

perbedaan-besaran-skalar-dengan-besaran-vektor-2

Vektor berperan penting dalam fisika: posisi, kecepatan dan percepatan obyek yang bergerak dan gaya dideskripsikan sebagai vektor. Dua buah vektor dikatakan sama apabila keduanya memiliki panjang dan arah yang sama. Dua Buah Vektor disebut sejajar (paralel) apabila garis yang merepresentasikan kedua buah vektor sejajar.

Kesimpulan Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai besaran skalar dan vektor, maka dapat disimpulkan bahwa:

“Besaran skalar merupakan besaran dalam fisika yang hanya memiliki nilai saja dan tidak ditentukan oleh arah pergerakan, sedangkan Besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dimana nilainya ditentukan oleh arah pergerakan”.

Demikian sedikit ulasan mengenai Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor yang dapat kami bagikan kepada sahabat, dan pelajari juga materi fisika lain seperti Pengertian Medan Magnet, dan Materi Fisika Modulus Young dan Contoh Soalnya. Serta masih banayak lagi yang lainnya hanya di BelajarBagus.net.

Kata Kunci:

perbedaan besaran vektor dan besaran skalar,jelaskan perbedaan antara besaran vektor dan besaran skalar,perbedaan besaran vektor dan skalar,besaran skalar dan vektor dalam fisika,besaran skalar dan vektor,perbedaan besaran skalar dan besaran vektor,perbedaan besaran skalar dan vektor,perbedaan besaran skalar dan besaran vektor besrta 5 contohnya,vektor dengan skalar,perbedaan besaran pokok dan turunan serta perbedaan besaran vektor dan skalar
Perbedaan Besaran Skalar dengan Besaran Vektor | Wawang Armansyah | 4.5