Pengertian Akutansi

Friday, January 15th, 2016 - Ekonomi, Pengertian

Pengertian Akutansi – Materi Ekonomi berikut yaitu tentang Pengertian Akutansi. Pengertian tentang akuntansi dapat ditinjau dari beberapa pendekatan yaitu akuntansi sebagai seni dan akuntansi sebagai pengetahuan. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa akuntansi itu sebagai sebuah teknologi. Namun secara umum di dalam praktik dikatakan bahwa akuntansi didefinisikan sebagai sebuah proses.

Pengertian Akutansi

Pengertian Akutansi

Pengertian Akutansi

Definisi atau pengertian akuntansi secara resmi telah termuat dalam Accounting Terminologi Bulletin No. 1 yang diterbitkan oleh APB (Accounting Principles Board) sebagai komite penyusun prinsip akuntansi yang dibentuk oleh AICPA (American Institut of Certified Public Accountants). Komite tersebut memberikan pengertian akuntansi sebagai berikut.

Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and in terms of money, transactions and evens which are, in part al least, of financial character, and interpreting the results there of.

Artinya akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang signifikan (berdaya guna) dan dalam bentuk satuan uang dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

Pengertian seni dalam definisi tersebut dimaksudkan bahwa akuntansi bukan merupakan ilmu pengetahuan eksakta tetapi sebagai keterampilan atau pengetahuan terapan yang isi dan strukturnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan.

Skema Definisi atau Pengertian Akutansi 

Secara skematis, definisi akuntansi dapat disajikan berikut ini:

pengertian-akutansi-1

Demikian penjelasan tentang Pengertian Akutansi yang dapat kami share untuk sahabat, semoga bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan Ekonomi. Lihat juga Pengertian Pendapatan Nasional, dan Pengertian dan Contoh Laporan Keuangan.

Sumber: BelajarBagus.net

Kata Kunci:

akuntansi accounting terminologi buletin no1
Pengertian Akutansi | Wawang Armansyah | 4.5