Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar

Thursday, April 7th, 2016 - Otomotif
Belajar Cara Mencuci Motor dengan BenarBelajarBagus.net kali ini akan share info mengenai bagaimana sahabat dapat belajar cara mencuci motor dengan benar. Mencuci motor merupakan hal yang cukup sederhana bagi sebagian orang, namun kendatipun demikian tidak semua orang dapat mencuci motor dengan benar. Sampai-sampai ada orang yang berpendapat bahwa mencuci motor yang penting kelihatan bersih. Hal yang seperti ini justru dapat menjadi sesuatu yang merugikan bagi kendaran bermotor sahabat.
Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar

Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar

Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar

Namun jangan khawatir, karena berikut ini beberapa tahapan yang dapat sahabat jadikan  sebagai pembelajaran dalam mencuci kendaraan roda dua kesayangan sahabat:

Baca juga: Tips Belajar Mengemudi atau Menyetir Mobil

1. Gunakan Air Bersih

Semprot atau Siram Motor dengan Air Bersih Secara Merata. Basahi motor mulai dari atas lalu lanjutkan ke bawah. Membasahi seluruh bagian motor sebelum mencuci motor bermanfaat untuk menghilangkan debu yang menempel dan melunakan kotoran-kotoran maupun lumpur membandel yang melekat kuat pada bagian-bagian motor.

2. Gunakan Produk Shampo Motor yang Aman

Siapkan air dalam ember, lalu masukan shampo atau sabun cuci khusus motor. Mulai cuci motor Anda dari atas ke bawah, atau bisa juga dimulai dari depan ke belakang. Pastikan Anda menggunakan produk sabun/shampo cuci motor yang terkenal berkualitas dan baca terlebih dahulu cara pemakaiannya.

3. Gunakan Spons

Belajar cara mencuci motor dengan benar berikutnya yaitu Gunakan spons untuk membersihkan motor, mulai dari kepala motor, lampu motor, tebeng motor, body motor, jok motor, hingga sepatbor motor. Untuk noda membandel seperti lumpur yang sudah mengering, Anda dapat menempelkan spons basah pada kotoran tersebut selama beberapa saat untuk melunakan daya tempelnya. Jika dirasa sudah cukup, cobalah untuk menggosok kotoran tersebut agar terlepas. Gunakan spons bersih lainnya untuk membersihkan sisa kotoran dan lumpur yang masih tertinggal.

Catatan:

  • Menggosok dengan paksa kotoran yang masih menempel kuat dapat menimbulkan goresan pada cat bodi motor. Jadi pastikan kotoran yang menempel sudah Anda lunakan dulu agar mudah terlepas dan cat motor tetap terjaga.

4. Gunakan Sikat dengan Bulu Tidak Kaku – Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar

Selanjutnya ambilah sikat yang bulunya tidak begitu kaku. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas ataupun kuas cat. Mulailah untuk membersihkan daerah shock braker (pegas peredam guncangan) motor Anda, dilanjutkan dengan membersihkan daerah knalpot, dan rantai sepeda motor. Jika sudah, beralihlah untuk membersihkan bagian pelat nomor, sepatbor, turun pada roda. Cuci bersih velg dan ruji-ruji roda motor Anda. Bersihkan pula roda, standar, dan karet pijakan kaki. Hati-hati membersihkan karet pijakan kaki agar tidak robek.

5. Bilas Hingga Bersih

Bilas seluruh bagian motor Anda menggunakan air bersih. Dapat disiram menggunakan gayung, atau dapat juga disemprot menggunakan air ledeng. Pastikan sisa-sisa sabun sudah dibilas hingga bersih.

6. Angin-anginkan dan Lap Sisa Bercak Air

Jika sudah bersih, biarkan sejenak motor Anda diangin-angin agar motor menjadi kering. Ambilah lap berbahan chamois, lalu lap seluruh bagian motor untuk menghilangkan bercak-bercak air yang tertinggal dan mengering sehingga body motor Anda mengkilap kembali. Jika dirasa perlu, Anda dapat pula menggunakan semir ban untuk memoles roda Anda agar terlihat hitam seperti baru. Semir ban sebaiknya disemprotkan dulu pada lap pemoles roda, baru kemudian diaplikasikan pada roda depan dan belakang motor Anda.

Catatan:

  • Jika Anda sedang iseng mencucikan motor di bengkel cucian motor, cobalah amati saat daerah mesin Anda dan kolong motor sedang dibersihkan. Sebagian dari bengkel cucian motor menggunakan sabun cuci piring atau sabun colek untuk membersihkan kotoran pada daerah tersebut. Memang terlihat efektif dan hasilnya bersih, namun sebenarnya sabun colek memiliki kandungan garam yang dapat merusak cat bodi motor dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan bagian logam pada motor menjadi berkarat. Jadi, hindari penggunaan sabun colek untuk membersihkan motor Anda.
  • Jangan lupa untuk membersihkan rantai motor dengan pembersih rantai berkualitas baik agar kotoran yang menempel pada rantai motor dapat dengan mudah terangkat. Selain itu, setelah Anda membersihkan semua bagian motor, jangan lupa untuk selalu melumasi rantai motor agar tidak kering karena mungkin saja pada saat mencuci motor banyak pelumas rantai yang luruh selama proses pencucian.
Nach demikian bagaimana Belajar Cara mencuci Motor dengan Benar, dan semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga motor kesayangan tetap menjadi awet. – Belajar Bagus

Kata Kunci:

spons untuk mencuci motor
Belajar Cara Mencuci Motor dengan Benar | Wawang Armansyah | 4.5