Niat Sholat Idul Fitri yang Baik dan Benar Lengkap Cara Baca dan Artinya

Monday, July 4th, 2016 - Idul Fitri

Niat Sholat Idul Fitri – Sahabat BelajarBagus.net, kali ini kami akan berbagi bagaimana niat sholat idul fitri yang baik dan benar yang dilengkapi bagaimana cara membacanya dan artinya. Tidak terasa 1 Syawal yang merupakan hari dimana disunnahkan untuk mengerjakan sebuah sholat sunnah yaitu Sholat Idul Fitri secara berjamaah.

Niat Sholat Idul Fitri yang Baik dan Benar Lengkap Cara Baca dan Artinya

Niat Sholat Idul Fitri yang Baik dan Benar Lengkap Cara Baca dan Artinya

Lihat juga:

Sholat Idul Fitri merupakan sholat sunnah muakkad yang artinya sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di hari yang fitri yakni tepatnya setelah bulan suci ramadhan yaitu pada tanggal 1 syawal untuk penaggalan bulan Hijriyah. Sholat idul Fitri ini hampir sama dengan sholat sunnah lainnya dimana sebelum mengerjakannya harus senantiasa di awali dengan niat.

Pada dasarnya, niat sholat hari raya idul fitri sama halnya niat sholat-sholat yang lain yakni cukup diucapkan di dalam hati, niat hanya semata-mata karena Allah SWT dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

Seperti diketahui, bahwa sholat hari raya idul fitri merupakan sholat sunnah yang dilakukan setahun sekali setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Meski terus berulang setiap tahunnya, tetapi tidak ada salahnya kita kembali membaca buku atau kitab fikih atau dapat lewat browsing di internet yang berkaitan dengan ibadah sholat idul fitri untuk kembali mengulang-ulang bacaan niat sholat Idul Fitri yang mungkin mulai samar di ingatan.

Niat Sholat Idul Fitri

Untuk sholat Idul Fitri disunnahkan untuk dikerjakan secara berjamaah, sehingga tentunya ada yang bertindak sebagai Imam dan ada yang sebagai Makmum. Oleh karena itu kami akan berbagi Niat Sholat Idul Fitri baik sebagai Imam maupun sebagai makmum dengan bacaan berbahasa Indonesia  yang dilengkapi dengan artinya berikut ini:

1. Niat Sholat Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

  • Dibaca: “Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini imaaman lillahita’aalaa”.
  • Artinya: “Aku niat shalat idul fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala”.

2. Niat Sholat Idul Fitri sebagai Makmum

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

  • Dibaca: “Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini makmumam lillahita’aalaa”.
  • Artinya: “Aku niat shalat idul fitri dua rakaat menjadi makmum (mengikuti imam) karena Allah Ta’ala”.

Niat merupakan inti dari sebuah ibadah, jadi sebelum melakukan ibadah seperti mengerjakan Sholat Idul Fitri, sebaiknya niat untuk mengerjakannya seyogyanya diperbaiki sehingga Insya Allah akan menjadi ibadah yang Insya Allah mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT.

Nach sahabat BelajarBagus.net, demikian yang sempat kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Niat Sholat Idul Fitri, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan Insya Allah semoga berberkah di sisi Allah SWT., Amin.

“Mohon Maaf Lahir Bathin Jika Ada Khilaf, dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H Tahun 2016“.

Niat Sholat Idul Fitri yang Baik dan Benar Lengkap Cara Baca dan Artinya | Wawang Armansyah | 4.5