Ukuran Lapangan Takraw atau Sepak Takraw Lengkap Gambar dengan Keterangannya

Friday, August 19th, 2016 - Olahraga

Ukuran Lapangan Takraw – Berikut ini BelajarBagus.com akan berbagi info mengenai ukuran lapangan takraw atau sepaktakraw. Olahraga sepaktakwa merupakan salah satu olahraga yang saat ini sangat berkembang di negara-negara yang ada di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Tahiland, Malaysia, Singapore, Vietnam, Myanmar, serta beberapa negara lainnya di benua Asia. Dan kini olahraga ini juga telah mengalami perkembangan di beberapa negara di benua Eropa dan Amerika.

Ukuran Lapangan Takraw

Ukuran Lapangan Takraw

Lihat juga [Ukuran Lapangan Futsal Lengkap dengan Ukuran Tiang Gawang dan Bola yang Digunakan].

Seperti halnya beberapa olahraga yang sangat popular seperti Sepak Bola yang memiliki induk organisasi bernama FIFA, olahraga sepaktakrwa pun juga memiliki induk organisasi yang menaungi seluruh badan atau lembaga yang bergelut di bidang sepaktakraw di masing-masing Negara yaitu bernama ISTAF (International Sepak Takraw Federation).

Ukuran Lapangan Takraw

Bermain sepaktakraw tentunya akan semakin mengasyikkan jika dimainkan di lapangan yang memiliki ukuran sesuai dengan pertauran yang berlaku saat ini. Olehnya itu berikut ini kami share Ukuran Lapangan Takraw berskala Nasional dan Internasional lengkap dengan gambarnya:

Gambar Lapangan Sepak Takraw

Gambar Lapangan Sepak Takraw

Catatan:

1. Untuk ukuran tinggi net terdapat perbedaan antara lapangan putra dan putri.

  • Net Sepaktakraw Putra (Tinggi net 1,55 m dipinggir dan minimal 1,52 m di bagian tengah).
  • Net Sepaktakraw Putri (Tinggi net 1,45 m dipinggir dan minimal 1,42 m di bagian tengah).
  • Panjang total net takraw sekitar 671 cm dan lebar 73 cm. dan untuk ukuran kotak-kotak jaring (mesh) 7 cm x 7 cm. Kemudian untuk pemasangan net, sebaiknya diberi tanda pembatas yang lurus dengan garis pinggir lapangan dari bawah sebagai tanda penyeberangan bola takraw saat permainan berlangsung.Ukuran Lapangan Takraw atau Sepak Takraw Lengkap Gambar dengan Keterangannya
2. Untuk jarak tiang dari pinggir garis yaitu sekitar 30 cm.
3. Tebal atau ukuran lebar garis 3,8 cm sampai 4 cm.
4. Untuk tempat peletakan lapangan takraw sebaiknya bebas rintangan di bagian atas setinggi 7,32 m.

Sejarah Singkat Sepaktakraw [Ukuran Lapangan Takraw]

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King’s Cup World Championships atau Piala Raja, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand. Saat ini juga bergulir kejuaraan Sepaktakraw dunia yaitu ISTAF Super Series dan juga Piala Dunia Sepak Takraw.
 
Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melayu ((634-713)) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran. Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 – 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.
 
Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Indonesia permainan ini disebut sepaktakraw, Filipina disebut sipa, di Burma disebut chinlone, di Laos disebut maradong, dan di Thailand disebut takraw.
 
Sampai saat ini permainan sepaktakraw telah mengalami banyak perkembangan, mulai dari teknik melakukan service, umpan, sampai melakukan rejaman atau smash. Begitupun dengan pertauran yang berlaku saat ini telah banyak mengalami perkembangan. Dimana dahulu sepaktakraw dilakukan dengan penentuan pemenang yang lebih dahulu mencapai angka 15 dengan system pindah service. Namun di beberapa tahun ini pertaturan resmi dari ISTAF (International Sepak Takraw Federation) berubah menjadi rally poin dengan penentuan angka pemenang pada angka 21 dengan service 3 kali berturut-turut.
 
Walaupun pada Olympiade RIO tahun 2016 ini sepaktakraw belum menjadi salah satu bagian olahraga yang dipertandingkan, tapi Insya Allah kedepannya akan menjadi salah satu olahraga yang akan terfavoritkan diajang bergengsi dua tahunan Olympiade yang melibatkan seluruh Negara-negara di dunia termasuk Indonesia.
 
Nach itulah Ukuran Lapangan Takraw yang tentunya lengkap dan sesuai ukuran berstandar nasional dan internasioanal. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. – Belajar Bagus

Kata Kunci:

ukuran lapangan takraw,sebutkan ukuran lapangan takraw dan gambarkan lapangan takraw,sepak takraw baggus,takraw tailan net tinggi,tinggi net takraw,ukuran bola dalam sepaktakrow,ukuran bola takraw mini,ukuran lapangan sepak takraw dan keterangannya,ukuran lapangan takraw pria,ukuran lapangan takraw remaja
Ukuran Lapangan Takraw atau Sepak Takraw Lengkap Gambar dengan Keterangannya | Wawang Armansyah | 4.5