Tips Belajar Menghafal Sebelum Ujian atau Ulangan

Monday, December 5th, 2016 - Belajar

Belajar Menghafal – Sahabat Belajar Bagus. kali ini kami akan berbagi tulisan mengenai tips atau cara belajar menghafal saat ingin menjalani yang namanya ujian tertulis atau lisan terutama bagi sahabat yang masih duduk di bangku sekolah atau madrasah. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa, dalam belajar jangan sama sekali di hafal, tapi sebaiknya dimengerti apa yang dipelajari. Hal tersebut benar adanya, namun tidak semua siswa atau santri memiliki kemampuan untuk mengerti segala sesuatu yang dipelajarinya.

Belajar Menghafal

Belajar Menghafal Sebelum Ujian atau Ulangan

Baca juga:

Belajar Menghafal

Oleh karena itu tips ini khusus bagi sahabat yang kemungkinan memiliki kemampuan yang kurang dalam mengerti pelajaran yang diajarkan oleh pengajar (guru) di sekolah atau madrasah, akan tetapi memiliki keinginan atau usaha untuk mengetahui pelajaran tersebut melalui proses penghafalan, terlebih lagi jika sahabat ingin melalui ujian semester. Nach untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkatnya:

1. Berdo’a Sebelum Belajar

Sebenarnya berdo’a sebelum belajar ini, sejak masih duduk di bangku sekolah dasar sudah diajarkan oleh bapak atau ibu guru. Namun terkadang hal tersebut dianggap sepele oleh sebagian pelajar, apalagi jika pelajar tersebut merasa IQnya lebih baik dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Jadi saran dari penulis, sebaiknya sebelum sahabat Belajar Menghafal, berdo’alah kepada-NYA semata agar nantinya prosesi penghafalan sahabat dimudahkan oleh-NYA.

2. Makan Makanan yang Bergizi

Yap, sahabat mungkin berpikiran, ya kalau cuman makan makanan bergizi buat pintar, saya juga tahu. Namun bukan itu maksudnya! maksud atau tujuan dari mengkonsumsi makanan bergizi yakni agar nantinya sahabat dapat memperoleh energi, zat pembangun, serta nutrisi lain yang dapat menjadikan fisik serta pola pemikiran yang mumpuni untuk nantinya digunakan dalam usaha menghafal. Akan tetapi makan makanan bergizi yang saya maksud bukan berarti semua makanan yang enak-enak dan mahal, namun sebaiknya sesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan pemusatan perhatian. Seperti makan makanan yang mengandung protein dan vitamin. (Tapi jangan juga terlalu kekenyangan sob)

3. Pilih Tempat yang Menyenangkan

Maksud dari tempat yang menyenangkan di sini yakni tempat yang nantinya tidak ada hal-hal yang mengganggu pikiran sahabat pada saat menghafal. Dan yang terpenting tempat yang sahabat pilih sebaiknya aman dan tempat itu sahabat kenal di sekitarnya. Tapi jika sahabat sukanya belajar menghafal di rumah atau di taman rumah, maka itu aka lebih baik bagi sahabat.

4. Buat Perencanaan Waktu [Belajar Menghafal]

Sebenarnya perencanaan atau planing waktu yang tepat untuk menghafal merupakan salah satu hal yang terpenting dalam belajar menghafal. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa sahabat pelajar yang melakukan kegiatan menghafal pada waktu-waktu tertentu. Ada beberapa waktu yang biasanya paling digemari oleh para pelajar untuk menghafal, misalnya di subuh hari, tengah malam, pagi hari, dan sore hari ba’da Sholat Ashar. Namun pengalaman dari penulis bahwa waktu sore hari ba’da Sholat Ashar lebih mudah digunakan untuk waktu menghafal dibandingkan dengan waktu-waktu yang lainnya. Akan tetapi planing atau perencanaan waktu yang tepat tergantung dari pribadi dan kesempatan sahabat masing-masing.

5. Menghafal di Saat Perasaan Lagi Bahagia

Perasaan bahagia dalam hal ini yang kami maksud bukan di saat sahabat tertawa terbahak-bahak dengan teman-teman sahabat, namun maksudnya di saat perasaan lagi semangat-semangatnya, lagi termotivasi, dan lagi sehat-sehatnya serta lagi positif thinking.

6. Jangan Berputus Asa

Yang terakhir tips dari penulis yakni jangan berputus asa. Dalam hal ini setelah sahabat tadinya telah melakukan tips dari no. 1- no. 5, kemudian sahabat belum berhasil atau sesuai dengan keinginan sahabat dalam prosesi belajar menghafal sahabat, sebaiknya sahabat jangan berputus asa. Karena memang kemampuan menghafal setiap orang berbeda-beda. Sedikit lagi penulis berbagi pengalaman, dan hal ini merupakan pesan dari guru saya waktu masih sekolah di sekolah dasar (SD), yang inti perkataanya “Ingin mudah mengetahui pelajaran melalui proses menghafal, sebaiknya bacaan yang hendak di hafalkan, dibaca berulang ulang minimal 8 kali“. Dan ternyata memang menurut penulis hal tersebut memberikan efek positif kecepatan menghafal ketika sebelumnya di dahului dengan membaca berulang-ulang minimal 8 kali baru kemudian di hafalkan. Dan satu hal lagi yang dapat sahabat tanamkan dalam diri, bahwa manusia hanya dapat berusaha, dan segala sesuatunya merupakan kehendak-NYA.

Sebenarnya ada banyak tips atau cara Belajar Menghafal yang dapat sahabat temukan dari berbagai media informasi, salah satunya tips belajar menghafal di atas. Dan semoga apa yang penulis bagikan di atas dapat memberikan manfaat serta dimanfaat oleh sahabat sebagai salah satu penunjang prosesi penghafalan sahabat terutama bagi sahabat yang hendak menjalani Ujian atau Ulangan Semester tahun ini.

Pustaka: [Belajar Menghafal oleh Belajarbagus.net]

Kata Kunci:

setelah menghafal sebaiknya melakukan ap
Tips Belajar Menghafal Sebelum Ujian atau Ulangan | Wawan Armansyah | 4.5