20 Cabang Ilmu Psikologi Lengkap Defenisinya Masing-masing

Wednesday, December 28th, 2016 - Belajar Psikologi

Cabang Ilmu Psikologi – Berikut ini, belajar bagus akan berbagi penjelasan mengenai cabang ilmu psikologi. Jadi sahabat perlu tahu bahwa di dalam ilmu psikologi, tidak sedangkal yang mungkin sahabat pikirkan, karena memang terdapat beberapa cabang ilmu psikologi dengan alur yang tentunya masing-masing mengkhusus pada bidangnya yang sesuai dengan nama cabang ilmunya sendiri.

Cabang Ilmu Psikologi

Cabang Ilmu Psikologi

Baca juga:

Cabang Ilmu Psikologi

Ada 20 cabang ilmu psikologi yang akan kami share disertai penjelasan atau pengertiannya masing-masing berikut ini:

1. Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang mempelajari bagaimana suatu individu dalam melakukan kegiatan belajar dan juga meninjau keefektifan suatu cara pengajaran.

2. Psikologi abnormal (abnormal psychology) adalah cabang ilmu psikologi ini menggali lebih jauh tentang penyakit kejiwaan dan perilaku abnormal, seperti: depresi, OCD, perilaku seks menyimpang dan perilaku menyendiri.

3. Biopsikologi (biopsychology) adalah cabang ilmu ini mempelajari tentang fungsi otak dan syaraf dalam pengaruhnya terhadap perasaan dan perilaku.. Biopsikologi menggabungkan neuroscience dan ilmu dasar psikologi.

4. Psikologi kognitif (cognitive psychology) adalah cabang ilmu ini terfokus pada persepsi dan proses mental. Contohnya adalah: fokus pada “bagaimana orang berpikir dan memproses pengalaman dan kejadian tertentu-termasuk di dalamnya adalah refleks dan dasar kepercayaannya.” Selain itu, di dalamnya juga termasuk “bagaimana mereka belajar, menghafal, dan mengingat kembali sebuah informasi.”

5. Psikologi komparatif (comparative psychology) adalah cabang itmu ini mempelajari tentang perilaku hewan. Psikologi komparatif sangat berkaitan erat dengan ahli biologi, ekologi, antropologi, dan genetika.

6. Psikologi konseling (counselling psychology) adalah cabang ilmu yang fokusnya terhadap penyediaan terapi intervensi kepada klien yang sedang berjuang dengan masalah mental, sosial, dan perilaku. Psikologi konseling juga memperhatikan cara-cara hidup yang baik, dengan tujuan agar orang mampu mencapai potensi maksimat mereka dalam hidupnya.

7. Psikologi perkembangan (developmental psychology) adalah cabang ilmu ini terfokus terhadap perkembangan manusia semenjak lahir hingga mati. Perhatian juga difokuskan terhadap hal-hal yang berubah, tetap, ataupun yang memburuk. Selain itu, fokusnya juga termasuk perkembangan dan perubahan yang berkelanjutan, atau yang berkaitan dengan umur dan tingkat hidup manusia. Fokus lain dari psikologi perkembangan juga tertuju pada interaksi dari gen dan lingkungan.

8. Psikologi pendidikan (educational psychology) adalah cabang ilmu ini terfokus pada belajar, mengingat, mempertunjukkan, dan mendapatkan ilmu. Psikologi pendidikan juga termasuk efek-efek dari perbedaan individu, pelajar berbakat, dan ketidakmampuan dalam belajar.

9. Psikologi klinis (clinical psychology) adalah fokus dari cabang itmu ini adalah penilaian dan perawatan yang tepat terhadap penyakit mental dan perilaku abnormal.

10. Psikologi eksperimental (experimental psychology) adalah cabang ilmu psikolog yang bekerja dalam ruang lingkup dan Tatar belakang yang luas, termasuk sekolah, kampus, universitas, laboratorium, organisasi pemerintah, dan bisnis pribadi.

11. Psikologi forensik (forensic psychology) adalah cabang ilmu yang para psikolog (semisal psikolog klinis, ahli syaraf, psikolog konseling, dan lain-lain) berbagi kepintaran profesionalnya dalam kasus legal maupun sebaliknya.

12. Psikologi kesehatan (health psychology) adalah cabang ilmu ini menganjurkan kesehatan fisik, mental, dan emosional, termasuk strategi pencegahan dan pengobatan. Cabang ilmu ini terfokus terhadap bagaimana orang berhadapan dengan stres, dan mengatasi dan memulihkan diri dari penyakit.

13. Psikologi faktor manusia (human factors psychology), Psikologi dan hukum bersinggungan pada cabang ilmu ini cabang ilmu memayungi berbagai kategori, yang meliputi ergonomi, keselamatan tempat kerja, kesalahan manusia, desain produk, dan interaksi-interaksi antara mesin.

14. Psikotogi perkembangan adalah suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari proses perkembangan manusia dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi peritaku seseorang sejak dia lahir hingga berusia lanjut.

15. Psikologi organisasi-industri (industrial-organizational psychology) adalah cabang ilmu ini melingkupi psikologi teoritis terhadap tempat kerja. Tujuan dari cabang ilmu ini adalah peningkatan kepuasan, performa, produktivitas dan kesesuaian posisi dengan keterampilan pekerja. Keterkaitannya yang lainnya juga termasuk dinamika grup, dan perkembangan dari kemampuan memimpin.

16. Psikologi sosial (social psychology) adalah cabang ilmu yang meliputi penelitian terhadap tingkah laku grup, norma sosial, kecocokan, prasangka, perilaku nonverbal/bahasa tubuh, dan perilaku kasar manusia.

17. Psikologi olahraga (sports psychology) adalah cabang ilmu ini menyelidiki tentang bagaimana meningkatkan dan mempertahankan motivasi, faktor yang berperan dalam puncak performa, dan bagaimana menjadi aktif dapat meningkatkan taraf hidup kita.

18. Psikologi sosial adalah cabang ilmu psikologi yang meneliti pengaruh sosial terhadap peritaku manusia.

19. Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang menerapkan csikologi untuk memahami dan memulihkan kembali (keadaan psikologi seseorang ke dalam psikologi normal serta mencegah terjadinya perilaku abnormal.

20. Psikologi industri adalah ilmu psikologi yang difokuskan tentang bagaimana perkembangan, prediksi kinerja dan evaluasi kerja yang dilakukan seseorang. Sedangkan psikologi organisasi adalah ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana sebuah organisasi dalam berinteraksi dan mempengaruhi para anggotanya.

Nach itulah beberapa Cabang Ilmu Psikologi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat serta bermanfaat bagi ita semua dalam meningkatkan pengetahuan di bidang Psikologi.

Kata Kunci:

cabang ilmu psikologi,cabang ilmu psikologi lingkungan
20 Cabang Ilmu Psikologi Lengkap Defenisinya Masing-masing | Wawan Armansyah | 4.5