Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya

Wednesday, January 4th, 2017 - Belajar Matematika, Motivasi Belajar

Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar TeorinyaBelajarBagus.com kali ini akan berbagi pemikiran seputar belajar matematika dengan mengerjakan soal dahulu kemudian belajar teorinya. Sebenarnya belajar matematika memiliki banyak cara dan tehnik yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk memahami lebih jauh dari matematika itu sendiri.

Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya

Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya

Baca Juga:

Cara Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya

Mungkin, seperti sahabat, kami juga belajar melalui soal-soal. Tetapi, sebelum mengerjakan soal, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu beberapa prinsip dasar kan?. Misalnya, untuk mengerjakan soal-soal perkalian antara dua bilangan, kita harus tahu terlebih dahulu dalam hal apa dan bagaimana kita menghitung m × n.

Nah, setelah kita mengerjakan banyak soal perkalian, kita bisa mencoba memahami teori atau konsep perkalian antara dua bilangan dan mempelajari sifat-sifat dasarnya, lalu mengerjakan soal-soal yang lebih sulit, hingga akhirnya kita menguasai betul apa perkalian itu.

Matematika merupakan ilmu tua, banyak fakta dan konsep matematika yang sudah dipelajari, terutama sejak zaman Yunani Kuno (kira-kira 2500 tahun yang lalu), dan terus berkembang hingga saat ini. Beberapa fakta dan konsep tersebut kemudian diajarkan di sekolah, supaya Adik-adik dapat menguasai matematika dengan terstruktur dan bertahap. Soal-soal membantu Adik-adik memahami berbagai konsep yang dipelajari.

Sebenarnya sahabat dapat mencoba belajar matematika dengan mengerjakan soal dahulu kemudian belajar teorinya. Mengapa demikian, karena hal ini dapat menjadi motivasi tersendiri untuk lebih meningkatkan kemampuan sahabat untuk belajar secara mandiri, menemukan sendiri, memahami sendiri, berfikir sendiri, berlogika sendiri, serta berusaha sendiri. Akan tetapi jika nantinya sahabat menemukan kendala dalam belajar matematika, maka kami saranka sahabat untuk bertanya kepada pembimbing/guru matematika yang baik.

Matematika Bersifat Kumulatif

Pemahaman dan penguasaan matematika bersifat kumulatif. Artinya, apa yang dipelajari sekarang kelak diperlukan untuk memahami konsep berikutnya. Karena itu, kuasailah dengan baik apa yang diajarkan di sekolah dasar dan sekolah menengah (atau yang setara). Ibarat mendirikan gedung, fondasinya harus dibangun terlebih dahulu. Kalau ingin mendirikan gedung yang tinggi, fondasinya harus dalam dan kokoh.

Sekalipun sahabat mungkin tidak bercita-cita menjadi matematikawan, pemahaman dan penguasaan matematika yang baik kelak berguna dan mendukung karier sahabat, karena matematika bukan hanya tentang dalil dan rumus, tetapi juga cara berpikir dan berargumen, serta memecahkan masalah.

Oleh karena itu jangan menyerah dalam memahami dan belajar matematika, terutama bagi sahabat yang masih berstatus sebagai pelajar baik di sekolah dasar, sekolah menengah, ataukah sahabat yang sedang duduk di bangku kuliah. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan belajar matematika dapat menjadi penunjang keberhasilan sahabat dalam belajar Fisika, Kimia, serta beberapa ilmu sains lainnya.

Nach demikian share kali ini mengenai pemikiran Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya. Semoga refleksi pemikiran di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua untuk terus berusaha memahami apa yang tidak diketahui dan menjadi motivasi tersendiri.

Kata Kunci:

cara mengerjakan soal matematika dengan cara standar internasional
Belajar Matematika dengan Mengerjakan Soal Dahulu Kemudian Belajar Teorinya | Wawan Armansyah | 4.5