5 Pengertian Sosialisasi

Friday, March 10th, 2017 - Sosiologi

Pengertian Sosialisasi – Untuk memahami lebih jauh tentang pengertian sosialisasi, terlebih dahulu sahabat memahami beberapa ulasan berikut. Diketahui bahwa baik interaksi antar individu maupun interaksi dengan kelompok akan melahirkan proses yang dinamakan sosialisasi. Adanya proses sosialisasi menjadi bukti manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa ingin hidup bermasyarakat dengan manusia lainnya. Agar dapat menjadi bagian dari masyarakat tersebut, dirinya melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap nilai dan norma yang berlaku. Secara sederhana, sosialisasi bisa disamakan dengan pergaulan. Dalam pergaulan, dipelajari berbagai nilai, norma, dan pola-pola perilaku individu ataupun kelompok. Lambat laun nilai-nilai dan norma diserap untuk menjadi bagian dari kepribadiannya.

Setiap manusia dalam kehidupannya selalu belajar dan berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal ini terjadi karena manusia merupakan makhluk yang aktif untuk bertindak. Kecerdasan yang dimiliki manusia menjadikan ia harus berpikir bagaimana untuk dapat hidup dalam masyarakat.

Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi

Baca Juga:

Pengertian Sosialisasi

Konsep tentang sosialisasi itu sendiri tentunya sudah dapat Anda pahami melalui uraian singkat sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini dikemukakan beberapa definisi sosialisasi dari beberapa ahli beserta kesimpulan dari pengertian sosialisasi:

a. Menurut Edward Shils (1968)

Sosialisasi merupakan proses sosial yang dijalankan seseorang atau proses sepanjang umur yang perlu dilalui seseorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat tersebut.

b. Menurut Berger (1978)

Pengertian sosialisasi adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

c. Menurut Horton dan Hunt (1987)

Sosialisasi adalah suatu proses seseorang menghayati (internalize) norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga timbullah diri yang unik.

d. Menurut Nursal Luth

Sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakatnya.

e. Kesimpulan Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sosialisasi merupakan suatu proses bagaimana seorang individu belajar menghayati berbagai macam nilai, norma, sikap, dan pola-pola perilaku dalam masyarakatnya sehingga ia dapat menjadi anggota masyarakat yang berpartisipasi. Apa hubungannya antara proses sosialisasi dengan pembentukan kepribadian?

Tujuan Sosialisasi

Tentunya dari penjelasan beberapa konsep tersebut tentang sosialisasi, dapat disimpulkan bahwa tujuan sosialisasi adalah:

  1. Menanamkan nilai dan norma yang ada di masyarakat kepada individu;
  2. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada individu sebagai bekal hidup bermasyarakat;
  3. Membentuk anggota masyarakat yang penuh dengan pribadi yang utuh sehingga berguna bagi dirinya dan masyarakat.

Organisasi Merupakan Salah Satu Sarana dan Wadah Sosialisasi

pengertian-sosialisasi-1

Organisasi adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama, organisasi itu sebuah wadah yang menampung aspirasi, cita cita, harapan orang-orang. Organisasi memiliki karakter tersendiri, jati diri, sejarah, kisah, suka, sedih, cita-cita, aspiras harapan orang banyak. Organisasi adalah sebuah sebuah sarana sosialisasi dan sebagai wadah yang dibuat untuk menampung aspirasi masyarakat serta untuk mencapai tujuan bersama.

Mengapa organisasi dalam masyarakat sangatlah penting? Organisasi didirikan oleh sekelompok orang tentu memiliki alasan.

  1. Sarana Sosial, sebagai zoon politicon yang artinya mahluk yang hidup secara berkelompok, manusia akan merasa membutuhkan dan penting untuk berorganisasi demi pergaulan.
  2. Sarana Pemenuhan Kebutuhan, melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri.

Organisasi merupakan suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama,organisasi mempunya tujuan, visi dan misi yang jelas, organisasi memegang pernanan penting dalam suatu masyarakat, karena organisasi dapat membantu/mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan dan kehidupannya, organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi yang berjalan di sebuah lingkungan bermasyrakat. Organisasi bisa juga disebut kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Sosialisasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dalam cakupan Ilmu Sosiologi. Nach semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi sahabat dalam memahami apa itu Sosialisasi.

5 Pengertian Sosialisasi | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply