Proses Pembentukan Kepribadian Seseorang

Wednesday, March 15th, 2017 - Sosiologi

Proses Pembentukan Kepribadian – Beragam kepribadian yang dimiliki seseorang, tergantung proses pembentukan kepribadian. Setelah sahabat mengetahui tentang adanya perbedaan kepribadian antarindividu manusia, mungkin muncul persoalan tentang apakah perbedaan kepribadian tersebut merupakan pembawaan sejak lahir yang diwariskan secara genetik? Untuk memastikan jawabannya, simak dalam penjelasan tentang bagaimana proses pembentukan kepribadian.

Proses Pembentukan Kepribadian

Proses Pembentukan Kepribadian

Proses Pembentukan Kepribadian

Pada uraian sebelumnya, dikatakan bahwa kepribadian merupakan hasil sosialisasi. Proses pembentukan kepribadian melalui sosialisasi dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Sosialisasi yang dilakukan dengan sengaja melalui proses pendidikan dan pengajaran.

b. Sosialisasi yang dilakukan tanpa sengaja melalui proses interaksi sosial sehari-hari dalam lingkungan masyarakatnya.

Proses sosialisasi tersebut berlangsung sepanjang hidup manusia (sejak lahir sampai tua) mulai lingkungan keluarga, kelompok, sampai kehidupan masyarakat yang lebih luas [Lihat perbedaan sosialisasi primer dan sekunder]. Melalui serangkaian proses yang panjang inilah, tiap individu belajar menghayati, meresapi, kemudian menginternalisasi berbagai nilai dan norma, pola-pola tingkah laku sosial ke dalam mentalnya. Dari berbagai hal yang diinternalisasi itulah seseorang memiliki kecenderungan untuk berperilaku menurut pola-pola tertentu yang memberi ciri watak yang khas sebagai identitas diri dan terbentuklah kepribadian.

Kelompok masyarakat tempat mereka tinggal, secara sengaja atau tidak, selalu berusaha untuk mengarahkan dan memengaruhi anggota-anggotanya untuk selalu mematuhi nilai dan norma, kebiasaankebiasaan sehingga individu-individu tersebut bertingkah laku sesuai dengan harapan kelompoknya. Jadi, sesungguhnya sosialisasi itu merupakan aktivitas dua pihak, yaitu pihak yang mensosialisasi dan pihak yang disosialisasi. Dari proses tersebut, terbentuklah kepribadian yang berbeda antara masyarakat yang satu dan masyarakat lainnya. Misalnya, kepribadian orang Sunda berbeda dengan orang Batak.

Baca Juga:

Pengalaman sosialisasi yang dilakukan masing-masing individu bisa saja berbeda. Kepribadian yang tumbuh pada masing-masing individu tidak akan mungkin sepenuhnya sama. Oleh karena itu, seseorang dapat melihat keragaman kepribadian yang ditampilkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ada pribadi-pribadi yang mempuyai sifat penyabar, ramah, pemarah, egois, atau rendah diri. Semuanya itu bergantung pada penyerapan dan pemahaman serta penghayatan nilai dan norma yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakatnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Proses Pembentukan Kepribadian yang dimana sangat ditentukan dari pendidikan dan pengajaran yang diperoleh serta bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain atau masyarakat. Proses tersebut akan memunculkan pribadi yang berbeda-beda seperti mempuyai pribadi penyabar, ramah, pemarah, egois, ataukah rendah diri. Semoga bermanfaat.

[Pustaka: Proses Pembentukan Kepribadian dalam BelajarBagus.net; Sosiologi Kelas 11 SMA/MA; Google Images]

Proses Pembentukan Kepribadian Seseorang | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply