Fungsi Setiap Bagian-bagian Akar Tumbuhan

Monday, May 1st, 2017 - Biologi

Fungsi Setiap Bagian-bagian Akar Tumbuhan – Defenisi akar dapat diartikan sebagai salah satu organ pada tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya. Tidak berbuku-buku, jadi juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainnya. Warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah Bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.

Fungsi Setiap Bagian-bagian Akar Tumbuhan

Terdapat dua jenis akar yang secara umum dikelompokkan menjadi akar tunggang dan akar serabut. Namun fungsi dari setiap bagian-bagian akar baik akar serabut pada tumbuhan monokotil dan akar tunggang pada tumbuhan dikotil, secara umum memiliki fungsi yang sama. Berikut fungsi setiap bagian-bagian akar tumbuhan:

Bagian-bagian Akar Tumbuhan

Bagian-bagian Akar Tumbuhan

  • Pangkal Akar

Fungsi dari pangkal batang sebagai penunjang tumbuhan agar tetap kokoh berdiri, juga tentunya sebagai penyambung bagian akar dengan pangkal batang tumbuhan. Pangkal akar merupakan bagian akar yang menjadi batas pertemuan antara batang dengan akar tumbuhan.

  • Batang Akar

Fungsi batang akar sebagai penopang seluruh bagian-bagian akar, juga sebagai tempat inti akar dalam hal ini pembuluh xilem dan floem melakukan fungsinya sebagai pembuluh pengangkut. Batang akar merupakan batang yang terletak ditengah tengah diantara pangkal akar dan ujung akar. Pada bagian batang akar dapat tumbuh pula cabang-cabang akar (akar sekunder) yang berukuran lebih kecil dari batang akar.

  • Rambut Akar atau Bulu Akar

Fungsi utama rambut akar adalah untuk mencari celah di antara partikel tanah dan memudahkan proses penyerapan air dan mineral hara. Rambut akar membantu tanaman dalam meperluas bidang penyerapan air. Air dan mineral hara yang telah diserap kemudian dibawa ke bagian lain dari akar tumbuhan. Asam disekresikan oleh rambut akar ini. Asam akan membantu melarutkan mineral hara dalam bentuk ion sehingga mineral hara lebih mudah dibawa dan diangkut di dalam akar. Rambut akar adalah bulu-bulu atau rambut berbentuk serabut halus pada akar tumbuhan, biasanya berukuran kecil dan terdapat pada sisi-sisi akar utama atau percabangann akar.

Rambut akar merupakan perluasan permukaan dari lapisan epidermis akar yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral mineral hara. Semakin banyak rambut akar maka luas permukaan akar akan semakin besar sehingga memungkinkan tumbuhan untuk menjangkau air dan mineral hara di tempat yang jauh dari tumbuhan tersebut tumbuh.

Rambut-rambut akar berumur pendek. Ia hidup hanya dua sampai tiga minggu dan kemudian terus menerus beregenerasi melalui pembelahan secara mitosis. Ukuran rambut akar sangat kecil (berdiameter 5-17 mikrometer dengan panjang antara 80-1500 mikrometer), bersel tunggal, dan panjangnya hanya beberapa milimeter dari akar. Umumnya rambut akar tidak memiliki kutikula sehingga pergerakan air dan mineral hara dari tanah masuk ke pembuluh akan lebih mudah.

  • Ujung Akar

Fungsi ujung akar sebagai tempat pertumbuhan dari akar tumbuhan, juga sebagai daerah meristematik pada akar yang mana sel-selnya selalu aktif membelah. Merupakan bagian paling bawah dari morfologi akar tumbuhan yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Bagian ini merupakan bagian akar yang paling muda yang terdiri atas jaringan-jaringan yang masih aktif mengalami pertumbuhan.

  • Tudung Akar

Fungsi tudung akar pada tumbuhan adalah untuk melindungi akar ketika tumbuh menembus tanah atau melindungi akar ketika akar menembus tanah untuk menyerap air dan garam mineral di dalam tanah. Tudung akar ini letaknya dibagian ujung. Ketika ujung akar ini berusaha untuk menembus tanah, tudung akar ini menjaga dari kerusakan akar karena melewati tanah yang keras. Pada tudung akar terdapat cairan seperti pelumas yang sibut dengan kaliptra. Kaliptra ini tersusun atas sel parenkim yang banyak mengandung zat pati. Jadi fungsi dari kaliptra adalah melindungi jaringan meristem pada akar dan juga melumasi bagian ujung akar sehingga akar mudah menembus tanah. Dalam kebanyakan tumbuhan, kaliptra ini strukturnya disebut kolumela sebagai pelumas akar sehingga akan mengurangi gesekan dengan ujung akar dan butir butiran tanah disaat akar mulai menembus ke dalam tanah.

Tudung akar merupakan daerah akar yang paling ujung. Tudung akar ini akan mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah disekitar titik pertumbuhan akar. Cairan ini menyebabkan tanah menjadi lunak dan mudah diembus akar. Selain itu tudung akar berfungsi untuk melindungi daerah meristem akar.

Bagian-bagian Melintang Akar

Bagian-bagian Melintang Akar Tumbuhan Dikotil dan Tumbuhan Monokotil

  • Epidermis Akar

Fungsi bagian epidermis akar sebagai lapisan terluar yang melindungi sel-sel dibawahnya, dan menjadi tempat terbentuknya rambut-rambut akar. Pada irisan melintang akar, tampak satu lapis sel yang tersusun pada lapisan terluar yang disebut epidermis. Di dekat ujung akar terdapat rambut akar, yaitu tonjolan dari epidermis yang berfungsi untuk memperluas permukaan akar, sehingga mempercepat penyerapan zat hara dari dalam tanah. Semakin jauh dari ujung akar, bulu akar lenyap. Epidermis umumnya dilapisi dengan zat gabus yang tidak berfungsi untuk penyerapan zat, tetapi berfungsi sebagai pelindung sel-sel yang ada dibagian bawahnya.

  • Korteks

Fungsi korteks untuk meneruskan pengangkutan zat hara yang telah di absorpsi oleh epidermis menuju ke silinder pusat melalui endodermis. Pada beberapa tumbuhan, korteks juga berfungsi untuk menyimpan zat tepung. Korteks termasuk jaringan parenkim yang tersusun dari beberapa sel dibawah jaringan epidermis.

  • Endodermis

Fungsi endodermis sebagai pengatur masuknya air dan zat terlarut kedalam silinder pusat. Endodermis tersusun dari satu lapis sel dibawah korteks. Penebalan zat gabus pada dinding sel yang tegak lurus silinder pusat berbentuk pita yang disebut pita kaspari, yang tidak dapat di tembus oleh air. Pada monokotil penebalan dinding sel endodermis berbentuk huruf U sehingga tidak dapat berfungsi untuk transfor air menuju ke silinder pusat. Untuk fungsi tersebut tumbuhan monokotil mempunyai sel endodermis khusus yang disebut sel penerus yang dindingnya tidak mengalami penebalan.

  • Pembuluh Kayu (Xilem)

Fungsi xilem atau pembuluh kayu sebagai pengangkut air dan zat hara dari akar melalui batang ke daun. Xilem atau pembuluh kayu adalah jaringan khusus tumbuhan vaskular yang mengangkut air dan nutrisi sebagai antarmuka antara tanaman dari tanah ke batang dan daun, dan memberikan dukungan mekanik dan penyimpanan.

Fungsi pengangkutan air oleh xilem merupakan salah satu fitur yang membedakan tumbuhan vaskular. Sel-sel xilem juga menahan beban air yang diangkut ke atas tumbuhan dan berat tanaman itu sendiri. Bagi kebanyakan pohon, xilem adalah kayu. Pada akar monokotil xilem membentuk bangunan bintang yang berlengan banyak yaitu lebih dari 12 lengan. Pada dikotil xilem membentuk bangunan seperti bintang namun jumlahnya 2 sampai 6 lengan.

  • Pembuluh Tapis (Floem)

Fungsi floem atau pembuluh tapis sebagai pengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Mengangkut nutrisi makanan seperti glukosa dan asam amino dari daun dan semua sel lain dari tanaman, ini disebut translokasi. Jaringan floem terbuat dari kolom sel hidup, berisi sitoplasma tetapi tidak ada inti, dan kegiatannya dikendalikan oleh sel pendamping sebelahnya yang memiliki inti, tetapi sel-sel pendamping tidak memiliki fungsi dalam translokasi.

Itulah beberapa fungsi setiap bagian-bagian akar tumbuhan. Terdapat beberapa bagian dari akar sebuah tumbuhan yang tentunya memiliki fungsi masing-masing dalam membantu tumbuhan mempertahankan hidupnya serta dapat memberikan manfaat bagi manusia di muka bumi terutama di tanah air tercinta Indonesia. Demikian dan semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Pustaka:
[Fungsi Setiap Bagian-bagian Akar Tumbuhan dalam BelajarBagus.net 2017]
[Gambar dari Google Images yang Diakses 2017]

Fungsi Setiap Bagian-bagian Akar Tumbuhan | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply