Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945

Sunday, May 28th, 2017 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945 – Pada hakikatnya Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdiri atas 4 (empat) alinea, yang masing-masing alinea berisi makna dan kandungan. Khusus pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi info seputar Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945. Sebagaimana diketahui bahwa bunyi dari pembukaan UUD 1945 alinea pertama menyebutkan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.

Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945

Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945

Makna dan Arti Alinea Pertama (1) UUD 1945

Hak akan kemerdekaan yang dimaksud di atas adalah hak dari segala bangsa untuk memperoleh kemerdekaan, karena ada dan berlakunya hak kemerdekaan adalah sejalan dengan tuntutan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Kata “sesungguhnya” dalam hal ini tidak hanya dalam arti keadaan realitasnya yang memang demikian, akan tetapi lebih bersifat imperatif, yaitu mutlak memang harus demikian. Bilamana tidak maka akan bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, kedua unsur tersebut merupakan unsur mutlak bagi terjaminnya nilai-nilai tertinggi kehidupan manusia dan kemanusiaan. Jadi, kata “sesungguhnya” merupakan satu rangkaian pengertian dengan kata perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dengan demikian, berarti bahwa setiap bangsa mempunyai hak untuk merdeka dan hak ini sifatnya yang mutlak. Hak untuk merdeka merupakan hak kodrat dan hak moril dari setiap bangsa. Pengingkaran terhadap hak kodrat ini bagaimanapun bentuk dan manifestasinya harus lenyap dari atas bumi, seperti halnya suatu penjajahan oleh negara terhadap negara lain.

Pemberian hak kemerdekaan ini ditekankan kepada segala bangsa dalam wujud kebulatannya, bukan kepada individu-individu. Tidaklah berarti, bahwa hak kebebasan individu-individu tidak mempunyai tempat sama sekali, namun hak kebebasan individu dilekatkan dalam hubungannya dengan bangsa sebagai satu pokok kebulatan. Jadi, kebebasan individu ditempatkan dalam hubungannya sebagai species terhadap genusnya. Kata-kata perikeadilan dan perikemanusiaan menjadi ukuran penentunya, yaitu bahwa dalam batas-batas keadilan dan kemanusiaan, manusia sebagai individu diakui kemandiriannya sehingga diakui pula hak-hak kebebasannya.

Pengertian hak kemerdekaan sebagai hak kodrat segala bangsa tidak secara langsung sebagai hak yuridis, tetapi lebih merupakan hak moril dan hak kodrat. Sebagai imbalannya, segala bangsa harus memiliki kewajiban moril dan kewajiban kodrat untuk menghormatinya. Bila ada bangsa yang tidak merdeka maka hal ini bertentangan dengan hakikat kodrat manusia. Dengan demikian, ada wajib kodrat dan wajib moril bagi penjajah khususnya untuk memerdekakan bangsa tersebut.

Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945

Terdapat beberapa Isi kandungan Alinea Pertama UUD 1945, berikut ulasannya:

  1. Alinea pertama ini menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia menghadapai masalah kemerdekaan melawan penjajah.
  2. Alinea pertama ini juga mengungkapkan suatu dalil obyektif, yaitu bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, dan oleh karenanya harus ditentang dan dihapuskan agar semua bangsa di dunia ini dapat menjalankan hak kemerdekaannya sebagai hak asasinya. Disitulah letak moral luhur dari pernyataan kemerdekaan Indonesia.
  3. Alinea pertama (1) UUD 1945 ini juga mengandung suatu pernyataan subyektif, yaitu aspirasi bangsa Indonesia sendiri untuk membebaskan diri dari penjajahan. Dalil tersebut di atas meletakkan tugas kewajiban bangsa/pemerintah Indonesia untuk senantiasa berjuang melawan setiap bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaaan setiap bangsa.
  4. Alinea pertama UUD 1945 juga terdapat kandungan berupa alasan bangsa Indonesia menentang penjajahan ialah karena penjajahan itu bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Hal ini berarti setiap hal atau sifat yang bertentangan atau tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan juga harus secara sadar ditentang oleh bangsa Indonesia. Pendirian tersebut itulah yang melandasi dan mengendalikan politik luar negeri kita.

Itulah ulasan kali ini yang dapat kami bagikan mengenai Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945. Semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dimengerti dan dapat menjadi salah satu referensi yang baik bagi kita semua sebagai bangsa Indonesia. Selain isi kandungan dari alinea pertama dalam pembukaan UUD 1945, sahabat juga dapat membaca Isi Kandungan Alinea Ketiga UUD 1945, dan Isi Kandungan Alinea Keempat UUD 1945.

Pustaka:
[Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945 – BelajarBagus.net]
[Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 10 Tahun 2014]
[Gambar – Koleksi Penulis]

Isi Kandungan Alinea Pertama UUD 1945 | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply