Perbedaan Reaksi Terang dengan Reaksi Gelap

Wednesday, May 31st, 2017 - Biologi

Perbedaan Reaksi Terang dengan Reaksi Gelap – Fotosintesis pada dasarnya rangkaian reaksinya dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu reaksi terang (karena membutuhkan cahaya) dan reaksi gelap (tidak membutuhkan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida). Reaksi terang terjadi pada grana (tunggal: granum), sedangkan reaksi gelap terjadi di dalam stroma. Dalam reaksi terang, terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia dan menghasilkan oksigen (O2). Sedangkan dalam reaksi gelap terjadi seri reaksi siklik yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini diperoleh dari reaksi terang. Pada proses reaksi gelap tidak dibutuhkan cahaya Matahari. Reaksi gelap bertujuan untuk mengubah senyawa yang mengandung atom karbon menjadi molekul gula.

Perbedaan Reaksi Terang dan Reaksi Gelap

Untuk perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap dalam proses fotosintesis, berikut kami rangkum khusus untuk sahabat:

No.

Dilihat Dari Reaksi Terang

Reaksi Gelap

1.

Tempat berlangsung Bagian kloroplas bernama Grana Bagian kloroplas bernama Stroma

2.

Sumber energi Cahaya / matahari ATP dan NADPH dari reaksi terang

3.

Proses yang terjadi Fotolisis: pemecahan H2O menggunakan energi cahaya menjadi ion Hidrogen dan molekul air Fiksasi: pengikatan CO2 , penyusunan / pengkombinasian hidrogen dengan karbon dioksida membentuk gula

4.

Hasilnya O2, ATP dan NADPH Karbohidrat sederhana

1. Reaksi Terang Fotosintesis

Reaksi terang adalah proses untuk menghasilkan ATP dan reduksi NADPH2. Reaksi ini memerlukan molekul air dan cahaya Matahari. Proses diawali dengan penangkapan foton oleh pigmen sebagai antena. Reaksi terang melibatkan dua fotosistem yang saling bekerja sama, yaitu fotosistem I dan II. Fotosistem I (PS I) berisi pusat reaksi P700, yang berarti bahwa fotosistem ini optimal menyerap cahaya pada panjang gelombang 700 nm, sedangkan fotosistem II (PS II) berisi pusat reaksi P680 dan optimal menyerap cahaya pada panjang gelombang 680 nm.

Dalam reaksi terang terdapat beberapa proses yakni:

  • Reaksi terang menggunakan cahaya matahari sebagai energi penggerak elektron.
  • H2O yang digunakan sebagai pendonor elektron akan dipecah dan menghaslkan oksigen. Oleh karena itu, reaksi terang disebut juga fotolisis air.
  • Aliran elektron non siklik menghasilkan ATP dan NADPH
  • Aliran elektron siklik menghasilkan ATP

2. Reaksi Gelap Fotosintesis

Reaksi gelap pada tumbuhan dapat terjadi melalui dua jalur, yaitu siklus Calvin-Benson dan jalur Hatch-Slack. Pada siklus Calvin-Benson tumbuhan mengubah senyawa ribulosa-1,5-bisfosfat (RuBP, senyawa dengan lima atom C) dan molekul karbondioksida menjadi dua senyawa 3-fosfogliserat (PGA): Oleh karena PGA memiliki tiga atom karbon tumbuhan yang menjalankan reaksi gelap melalui jalur ini dinamakan tumbuhan C3. Penambatan CO2 sebagai sumber karbon pada tumbuhan ini dibantu oleh enzim Rubisco, yang merupakan enzim alami yang paling melimpah di bumi. Tumbuhan yang reaksi gelapnya mengikuti jalur Hatch-Slack disebut tumbuhan C4 karena senyawa pertama yang terbentuk setelah penambatan CO2 adalah asam oksaloasetat yang memiliki empat atom karbon. Enzim yang berperan adalah fosfoenolpiruvat karboksilase.

Berikut keseluruhan proses yang terjadi pada reaksi gelap fotosintesi:

  • Reaksi gelap/siklus Calvin membutuhkan 3 molekul karbondioksida.
  • Reaksi gelap membutuhkan 9 molekul ATP dan 6 molekul NADPH yang dihasilkan dari reaksi terang fotosintesis.
  • Reaksi gelap melepaskan 1 molekul gliseraldehida 3 fosfat (G3P) dalam sekali siklus.
  • Dibutuhkan 2 molekul G3P untuk membentuk 1 molekul glukosa, artinya dibutuhkan 2 kali reaksi gelap untuk menghasilkan 1 molekul glukosa.

Gambaran Rangkaian Reaksi Fotosintesis:

Perbedaan Reaksi Terang dengan Reaksi Gelap

Reaksi Terang dengan Reaksi Gelap

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap fotosintesis yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Perbedaan Reaksi Terang dengan Reaksi Gelap | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply