Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Tuesday, June 20th, 2017 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif – Materi PKn yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai pengertian politik luar negeri bebas aktif. Diketahui bahwa dalam tata pergaulan internasional, perjuangan bangsa dilaksanakan atas dasar semboyan ‘percaya akan diri sendiri dan berjuang atas kesanggupan sendiri’. Dengan adanya semboyan ini Bangsa Indonesia mampu menjalin hubungan dengan beberapa negara lain di dunia secara baik. Berdasarkan hal tersebut dan dalam rangka menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, maka Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan politik luar negeri yang bebas dan aktif.

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Sebelum kita ketahui pengertian politik luar negeri bebas aktif secara umum, terlebih dahulu harus dipahami makna dari kata bebas dan aktif.

Bebas dalam hal ini memiliki arti yaitu bebas menentukan sikap dan pandangan terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa dunia yang secara ideologis bertentangan (Timur dengan faham Komunisnya dan Barat dengan faham Liberalnya).

Aktif dalam hal ini memiliki arti dalam politik luar negeri yaitu senantiasa aktif memperjuangkan terbinanya perdamaian dunia. Aktif memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan. Aktif memperjuangkan ketertiban dunia. Aktif ikut serta menciptakan keadilan sosial dunia.

Jadi sebagai kesimpulan bahwa pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif:

“Suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang bersifat bebas menentukan sikap dan pandangan terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa dunia yang secara ideologis bertentangan dengan faham komunis dan liberalis, serta senantiasa aktif memperjuangkan terbinanya perdamaian dan ketertiban dunia, kebebasan dan kemerdekaan serta menciptakan keadilan sosial dunia”.

Contoh Perwujudan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Perwujudan politik Indonesia yang bebas dan aktif, dapat kita lihat pada contoh berikut ini:

  1. Penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika Tahun 1955, yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia-Afrika yang kemudian melahirkan Deklarasi Bandung.
  2. Keaktifan Indonesia sebagai salah satu negara pendiri Gerakan Non-Blok Tahun 1961 yang berusaha membantu dunia internasional untuk meredakan ketegangan perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.
  3. Indonesia aktif dalam merintis dan mengembangkan organisasi di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).
  4. Ikut aktif membantu penyelesaian konflik di Kamboja, perang saudara di Bosnia, pertikaian dan konflik antara pemerintah Filipina dan Bangsa Moro.

Tujuan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif diabdikan kepada kepentingan nasional, terutama untuk kepentingan stabilitas dan kelancaran pembangunan di segala bidang. Dengan demikian, politik luar negeri Indonesia, antara lain bertujuan sebagai berikut:

  • Membentuk satu negara Republik Indonesia yang berbentuk negara kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis dengan wilayah kekuasaan dari Sabang sampai Marauke.
  • Membentuk satu masyarakat yang adil dan makmur material dan spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Membentuk satu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua negara di dunia, terutama sekali dengan negara-negara Afrika dan Asia. Persahabatan tersebut dibentuk atas dasar kerja sama untuk membentuk satu dunia baru yang bersih dari imperialisme dan kolonialisme menuju kepada perdamaian dunia yang abadi.

Menurut Mohammad Hatta dalam bukunya Dasar Politik Luar Negeri Republik Indonesia, tujuan politik luar negeri Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara.
  2. Memperoleh barang-barang yang diperluakan dari luar negeri untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.
  3. Meningkatkan perdamaian internasional dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.
  4. Meningkatkan persaudaraan antarbangsa sebagai pelaksanaan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.

Nach demikian penjelasan mengenai Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif yang dapat kami bagikan pada akesempatan kali ini. Semoga penjelasan tersebut dapat dengan mudah sahabat pahami dan dapat menjadi salah satu referensi yang baik bagi kita semua.

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply