Pengertian Teks Deskripsi dan Contoh Teksnya

Wednesday, June 7th, 2017 - Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Deskripsi – Paragraf atau teks deskripsi dapat pula disebut paragraf pemerian karena paragraf atau teks tersebut berkaitan dengan usaha untuk memberikan perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan atau diamati. Oleh karena itu sangat tepat jika teks deskripsi selalu digunakan untuk menggambarkan objek-objek hasil observasi. Pada hakikatnya teks/paragraf jenis ini mempunyai ciri berupa penggambaran atau pelukisan objek (manusia, benda, tempat, peristiwa) yang dilihat, didengar, dan dirasakan melalui indra manusia.

Dalam kegiatan menulis, mendeskripsikan berarti melukiskan atau menguraikan suatu hal atau objek sehingga pembaca atau pendengar seolah ikut langsung melihat atau mengalaminya. Penulis berusaha memindahkan kesan-kesan hasil pengamatan atau pengindraannya kepada para pembaca. Ia berusaha melukiskan apa yang dilihat, didengar, dicium, dirasa, dan diraba. Tujuannya memancing imajinasi/daya khayal pembaca, agar seolah-olah melihat sendiri dan merasakan apa yang penulis deskripsikan.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian paragraf atau teks deskripsi adalah teks atau paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas sehingga pembaca seolah-olah menyatakan atau mengalami dan merasakan sendiri hal atau peristiwa yang digambarkan.

Jika penulis paragraf/teks deskripsi bermaksud untuk memberikan pengalaman pada diri pembaca sehingga pembaca dapat memberikan kesan dan interpretasi terhadap objek tersebut, paragraf atau teks tersebut tergolong deskripsi sugestif. Jika penulis paragraf bertujuan untuk memberikan informasi tentang objek tertentu sehingga pembaca dapat mengenalnya, paragraf/teks tersebut merupakan deskripsi teknis atau ekspositoris.

Karakteristik Teks Deskripsi

Berdasarkan hal tersebut, karakteristik paragraf deskripsi adalah sebagai berikut.

  1. Berupa pemerian objek tertentu.
  2. Objek yang dideskripsikan bersifat faktual.
  3. Sifat-sifat objek yang dideskripsikan jelas.
  4. Bertujuan memberikan pengalaman pada pembaca.
  5. Memberikan sugesti pada pembaca sehingga pembaca memiliki kesan atau interpretasi tertentu.

Contoh Teks Deskripsi

Berdasarkan pengertian teks deskripsi yang telah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa contoh teks deskripsi yang dapat menjadi gambaran seperti apa sebenarnya teks atau paragraf deskripsi tersebut:

Contoh Teks 1

       Barangkali pembaca mengenal bintang Antares, yaitu bintang yang paling terang di rasi Scorpio, warna bintang ini kemerah-merahan. Antares adalah sebuah bintang raksasa, jari-jarinya 300 kali jari-jari matahari (atau 200 juta kilometer). Andaikan matahari memuai sebesar itu, planet-planet Merkurius, Venus, dan Bumi akan “tertelan” oleh matahari. Demikian besar bintang Antares tersebut, tetapi materi bintang ini renggang sekali, rata-rata hanya mengandung materi sebanyak 0,0001 gram setiap cm3-nya.

Contoh Teks 2

       Banyaknya penyelundupan sejumlah senjata rudal jenis Strela SA-7 buatan Rusia dari Kamboja ke Thailand dan meningkatnya aksi terorisme mengkhawatirkan negara-negara Asia-Pasifik. Senjata rudal jenis ini sangat ringan dibandingkan kedahsyatan akibat yang ditimbulkannya. Pesawat tempur sekuat apapun akan jatuh terkapar terkena hantamannya, apalagi hulu ledak SA-7 ini dilengkapi inframerah sehingga dapat mencari dan mengejar sasaran dengan sendirinya. Ke mana pun pesawat terbang berlari Rudal SA-7 akan mengejar dan memburunya seolah mempunyai mata dan nyawa. Panjang Rudal SA-7 hanya 1,40 meter tidak lebih dari rentangan tangan seorang anak kecil usia 10 tahun. Lebar sayapnya hanya 0,30 meter dengan daya jangkau 500 sampai dengan 5.000 meter. Walaupun hulu ledaknya hanya 1,1 kg Rudal ini tergolong high explosive mempunyai daya ledak tinggi. Oleh sebab itu sangat berbahaya jika digunakan oleh teroris, terutama jika ditembakkan ke pesawat-pesawat komersial. Pasti kena dan pasti hancur.

Contoh Teks 3

       Pameran karya kerajinan pengrajin Australia di Museum Nasional, Jakarta, menyuguhkan karya dengan sentuhan seni modern. Ada mangkuk, teko, perlengkapan minum, botol, vas, lampu minyak, nampan, dan sebagainya ditata dalam nuansa satu gaya. Warna-warna yang khas dan natural pada karya kerajinan itu menimbulkan citra tersendiri di mata pengunjung. Apalagi ruangan yang sejuk dan tata cahaya seimbang menambah kesan barang-barang yang dipamerkan begitu menarik. Tidak hanya itu, alunan lembut musik tradisional Australia yang disuguhkan dalam ruangan pameran, dengan sound system di kiri kanan ruangan membuat para pengunjung merasa nyaman. Ingin rasanya kami memiliki salah satu saja barang yang terpampang di ruangan ini. Cuma harga yang ditempelkan itu yang membuat kami kecewa. ”Mahal!” ”Mana mungkin kita mampu beli jika tandar harganya dolar”. Ungkap salah satu rekan kami, dengan penuh kesal.

Lihat Juga: Kumpulan Contoh Paragraf Naratif.

Demikian penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi beserta karakteristik dan contoh teks deskripsi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah sahabat pahami dan dapat menjadi salah satu referensi yang baik dalam menambah pengetahuan sahabat. Jadi teks deskripsi itu merupakan jenis teks yang berisi penggambaran/perincian suatu objek yang sedang dibicarakan. Semoga bermanfaat.

Pengertian Teks Deskripsi dan Contoh Teksnya | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply