Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Friday, June 9th, 2017 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia – Negara tercinta tanah air Indonesia bukan hanya negara yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Tidak sedikit orang yang belum memahami adanya peran Indonesia dalam perdamaian dunia. Hal ini dilakukan bukan karena tidak adanya dasar dan tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia. Dalam sejarah, Negara Indonesia diakui kemerdekaannya oleh dunia sejak proklamasi kemerdekaan tahun 1945 silam. Dan sejak tahun 1957, Indonesia pun ikut andil dalam pemeliharaan perdamaian dunia. Terbukti pasukan Kontingen Garuda I (disingkat dengan KONGA I) diterjunkan ke Mesir pada Tahun 1957. Kemudian sejak tahun 1967, pasukan Indonesia telah bergabung dengan pasukan perdamaian PBB ke berbagai kawasan konflik di dunia.

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Diketahui bersama bahwa memang salah satu tujuan nasional yang ingin dicapai Negara Republik Indonesia sebagaimana tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, alinea keempat, yaitu:

“…Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…”.

Hal ini menunjukkan Negara Indonesia menekankan pentingnya partisipasi aktif bangsa dalam tata pergaulan dunia internasional. Dalam tata pergaulan internasional, perjuangan bangsa dilaksanakan atas dasar semboyan:

“percaya akan diri sendiri dan berjuang atas kesanggupan sendiri”.

Dengan semboyan ini Bangsa Indonesia mampu menjalin hubungan dengan negara-negara lain di dunia secara baik. Berdasarkan hal tersebut dan dalam rangka menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan politik luar negeri yang bebas dan aktif.

Bebas, artinya bebas menentukan sikap dan pandangan terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa dunia yang secara ideologis bertentangan (Timur dengan faham Komunisnya dan Barat dengan faham Liberalnya).

Aktif, artinya dalam politik luar negeri senantiasa aktif memperjuangkan terbinanya perdamaian dunia. Aktif memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan. Aktif memperjuangkan ketertiban dunia. Aktif ikut serta menciptakan keadilan sosial dunia.

Beberapa Partisipasi atau Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Dalam rangka membangun peran/partisipasi aktif dalam perdamaian dunia, beberapa hal dapat dilakukan Bangsa Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menjalankan politik damai dan bersahabat dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri urusan negara lain.
  2. Menegaskan arah politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif serta berorientasi pada kepentingan nasional, menitikberatkan pada solidaritas antarnegara berkembang, mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa, menolak penjajahan, dan meningkatkan kemandirian bangsa, serta memiliki kerja sama internasional bagi kesejahteraan rakyat.
  3. Bangsa Indonesia memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamaian yang kekal dan abadi.
  4. Meningkatkan kerja sama dalam segala bidang dengan negara tetangga yang berbatasan langsung dan kerja sama kawasan ASEAN untuk memelihara stabilitas, melaksanakan pembangunan, dan meningkatkan kesejahteraan.
  5. Meningkatkan kesiapan Indonesia dalam segala bidang untuk menghadapi perdagangan bebas, terutama dalam menyongsong pemberlakuan AFTA, APEC, dan WTO.
  6. Meningkatkan kualitas dan kinerja aparatur luar negeri agar mampu melakukan diplomasi proaktif dalam segala bidang untuk membangun citra positif Indonesia di dunia internasional, memberikan perlindungan dan pembelaan terhadap warga negara, serta kepentingan Indonesia, dan memanfaatkan
    setiap peluang positif bagi kepentingan nasional.
  7. Meningkatkan kualitas diplomasi baik regional maupun internasional dalam rangka stabilitas, kerja sama, dan pembangunan kawasan.

Itulah peran Indonesia dalam perdamaian dunia, bukan tanpa sebab, akan tetapi memang menjadi salah satu tujuan nasional yang hendak di capai negara Indonesia sejak dulu. Sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 tepatnya pada alinea keempat. Demikian penjelasan di atas, dan semoga dapat menjadi salah satu referensi yang baik bagi sahabat terlebih bagi penulis sendiri.

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply