Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi – Kali ini kami akan berbagi penjelasan singkat mengenai sebab-sebab terjadinya perilaku menyimpang dari sudut pandang biologi dan psikologi. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab timbul yang namanya penyimpangan, baik penyimpangan secara individu maupun penyimpangan yang dilakukan kelompok atau golongan tertentu.

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi

Lihat juga:

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi

Penjelasan kali ini mengkhusus pada dua jenis penyimpangan yakni ditinjau dari sudut pandang Biologi dan Psikologi. Berikut ulasan singkatnya khusus bagi sahabat:

1) Sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi

Sebagian besar ilmuwan abad ke-19 berpandangan bahwa kebanyakan perilaku menyimpang disebabkan oleh faktor-faktor biologis, seperti tipe sel-sel tubuh. Salah satunya adalah pandangan dari seorang ahli bernama Caesare Lombroso. Ia berpendapat bahwa orang jahat dicirikan dengan ukuran rahang dan tulang-tulang pipi yang panjang, adanya kelainan pada mata yang khas, jari-jari kaki dan tangan relatif besar, serta susunan gigi yang tidak normal.

Adanya pandangan dari sudut biologi ini telah menimbulkan keraguan dari para ahli ilmu sosial. Meskipun ditunjang oleh berbagai bukti empiris, para kritikus menemukan sejumlah kesalahan metode penelitian sehingga menimbulkan keraguan terhadap kebenaran teori tersebut. Para ilmuwan lainnya menganggap faktor biologis sebagai faktor yang secara relatif tidak penting pengaruhnya terhadap penyimpangan perilaku.

2. Sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Psikologi

Teori ini berpandangan bahwa penyakit mental dan gangguan kepribadian berkaitan erat dengan beberapa bentuk perilaku menyimpang karena perilaku menyimpang seringkali dianggap sebagai suatu gejala penyakit mental. Namun, teori psikologis tidak dapat memberikan banyak bantuan untuk menjelaskan penyebab perilaku menyimpang.

Ilmuwan yang terkenal di bidang ini ialah Sigmund Freud. Dia membagi diri manusia menjadi tiga bagian penting sebagai berikut.

  • Id, bagian diri yang bersifat tidak sadar, naluriah dan impulsive.
  • Ego, bagian diri yang bersifat sadar dan rasional.
  • Superego, bagian diri yang telah menyerap nilai-nilai cultural.

Menurut Freud, perilaku menyimpang terjadi apabila id yang berlebihan (tidak terkontrol) muncul bersamaan dengan superego yang tidak aktif, sementara dalam waktu yang sama ego yang seharusnya dominan, tidak berhasil memberikan perimbangan.

Itulah penjelasan mengenai Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi yang dapat kami bagikan kali ini, dan semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. – BelajarBagus.net

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dari Sudut Pandang Biologi dan Psikologi | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply