Sifat-sifat Penyimpangan Beserta Contohnya

Sifat-sifat PenyimpanganBelajarBagus.net kali ini akan berbagi penjelasan kepada sahabat khusus materi Sosiologi tentang sifat-sifat penyimpangan. Dalam sifat-sifat penyimpangan sanagt erat kaitannya dengan efek atau akibat dari melakukan penyimpangan tersebut. Akibat atau efek yang dimaksud di sini bias saja berefek positif maupun berefek negatif.

Sifat-sifat Penyimpangan

Sifat-sifat Penyimpangan

Telah diketahui bahwa pada beberapa uraian disebutkan atau dikatakan bahwa perilaku menyimpang tidak selamanya berakibat tidak baik. Dengan demikian, dilihat dari sifatnya penyimpangan dibedakan menjadi dua yaitu penyimpangan positif dan penyimpangan negatif. Jika dicermati secara seksama, tentunya sahabat telah memiliki pemahaman tentang perbedaan kedua sifat-sifat penyimpangan tersebut.

Baca Juga:

Sifat-sifat Penyimpangan

Nach untuk lebih jelasnya mengenai sifat-sifat penyimpangan, baik penyimpangan positif maupun penyimpangan negatif, berikut ulasan beserta contoh penyimpangannya masing-masing:

a. Sifat Penyimpangan Positif

Pengertian penyimpangan positif adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku atau perilaku seseorang di luar kebiasaan masyarakat, namun pada akhirnya membawa dampak positif terhadap kehidupan masyarakat. Dalam artian, perilaku menyimpangnya dapat diterima dan tidak merugikan masyarakat.

Contoh sifat penyimpangan positif ini, misalnya dalam tatanan sosial masyarakat, peran seorang ibu adalah mengurus rumah tangga. Akan tetapi, karena penghasilan dari suaminya kurang mencukupi, si ibu bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Apa yang dilakukan si ibu adalah menyimpang positif.

Contoh Sifat Penyimpangan Positif

Contoh Sifat Penyimpangan Positif

Contoh lain dari sifat-sifat penyimpangan ini yaitu anak yang gemar membaca menghabiskan hari-harinya untuk membaca atau belajar. Hal ini adalah perilaku tidak umum, namun bersifat positif atau memberikan efek yang baik bagi anak itu sendiri.

b. Sifat Penyimpangan Negatif

Pengertian penyimpangan negatif adalah perbuatan yang memang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dan berakibat buruk, serta mengganggu sistem sosial. Perilaku ini berkaitan erat dengan tindakan kejahatan. Dalam pengertian sehari-hari, apabila ada istilah perilaku menyimpang, yang dimaksud adalah penyimpangan negatif ini. Seseorang yang berperilaku menyimpang negatif akan dikucilkan masyarakat dan mendapatkan sanksi sesuai perbuatannya.

Contoh Sifat Penyimpangan Negatif

Contoh Sifat Penyimpangan Negatif

Contohnya pembunuhan, pemerkosaan, dan pencurian serta beberapa tindakan lainnya yang melanggar hokum atau UUD yang berlaku.

Nach demikian penjelasan singkat mengenai Sifat-sifat Penyimpangan. Semoga penjelasan ayang kami bagikan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya semoga dapat dengan mudah dipahami.

Sifat-sifat Penyimpangan Beserta Contohnya | Belajar Bagus | 4.5
Leave a Reply